Apa Benar Sarapan Telur Tak Boleh Dibarengi Minum Susu?

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Nov 2018 05:56 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Ada mitos yang menyebut kalau telur dan susu tak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Jadi bagaimana kalau sarapan dengan menu telur sambil minum susu?

Telur mengandung sumber protein, asam amino dan lemak yang sehat. Demikian juga dengan susu yang dikenal tinggi protein dan kalsium. Namun sayangnya ada mitos yang beredar kalau susu dan telur tak boleh dikonsumsi bersamaan.

Dilansir dari Food Ndtv (27/11) telur adalah sarapan favorit banyak orang karena praktis dan mudah dibuat, susu juga demikian. Menurut buku The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies karya Vasant Lad, tertulis kalau masalah pencernaan berasal dari asupan makanan yang salah.
Bolehkah Menyantap Susu dan Telur Bersamaan Saat Sarapan?Foto: Istock
Baca juga : Mau Sarapan Telur? Ini Sajian Telur yang Cocok Sesuai Zodiak

Kombinasi makanan yang salah bisa membuat pencernaan terganggu, fermentasi dalam perut dan pembentukan gas dalam perut. Salah satu penyebabnya yakni konsumsi telur dan susu.

Menurut alhi nutrisi, Mehar Rajput, "telur adalah sumber protein, asam amino dan lemak sehat sementara susu mengandung protein dan kalsium. Keduanya aman dikonsumsi dalam keadaan matang, artinya telur yang sudah dimasak, bukan telur mentah."
Bolehkah Menyantap Susu dan Telur Bersamaan Saat Sarapan?Foto: Istock
Lebih lanjut Rajput juga menjelaskan, telur mentah yang dikonsumsi sebagai menu sarapan dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi bakteri, keracunan makanan hingga mengganggu penyerapan nutrisi. Inilah yang kemudian menjadi mitos yang berkembang kalau telur dan susu tak boleh dikonsumsi bersamaan.

Padahal kalau telurnya sudah diolah matang maka susu dan telur bisa jadi paduan sarapan komplet tinggi protein. Hal senada juga diungkapkan konsultan nutrisi Dr. Rupali Dutta yang mengatakan kalau susu dan olahan telur aman disantap kapanpun.

Bolehkah Menyantap Susu dan Telur Bersamaan Saat Sarapan?Foto: Istock
Biasanya binaragawan menyantap telur mentah sebagai menu sarapan dengan maksud membentuk otot. Padahal menurut ahli gizi, kebiasaan ini justru memicu resiko penyakit jantung karena tingginya kolesterol pada telur.

Jadi ketika telur sudah dimasak matang menjadi olahan favorit, boleh saja disantap bersamaan dengan susu.

Baca juga : Sarapan Telur Sebelum Jam 8 Pagi Bisa Bikin Tubuh Ramping, Ini Sebabnya (dvs/odi)