9 Makanan Thanksgiving Ini Berhasil Pecahkan Guinness World Records

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 26 Nov 2018 18:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Ini 9 rekor makanan perayaan Thanksgiving. Ada rekor kalkun terberat hingga waktu tercepat mencabut bulu kalkun yang tercatat Guinness World Records.

Banyak hal yang dilakukan dalam perayaan Thanksgiving. Tapi kalkun, labu, dan wine jadi bahan yang wajib ada. Berikut beberapa rekor makanan yang berhasil dipecahkan saat perayaan Thankgiving versi Guinness World Records.

1. Kumpulan orang berpakaian kalkun terbanyak

10 Makanan Ini Berhasil Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Istimewa
Sebanyak 661 orang berkumpul dan mengenakan kostum ayam kalkun yang sama di wilayah Texas, Amerika. Mereka berkumpul dalam acara 44th Annual Capital One Bank Dallas YMCA Turkey Trot.

Acara itu berlangsung pada 24 November 2011. Dihadiri ratusan orang, acara tersebut terpilih sebagai kumpulan orang berpakaian ayam kalkun terbanyak dalam Guinness World Records.

2. Rekor potong kalkun tercepat

10 Makanan Ini Berhasil Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Istimewa
Waktu tercepat untuk memotong kalkun diraih oleh pria asal Little Claydon Farm, Inggris bernama Paul Kelly. Ia dapat memotong dan mengiris daging seekor kalkun dalam waktu 3 menit 19.47 detik.

Penghargaan itu ia raih dalam acara ulang tahun ke 25 KellyBronze, produsen ayam kalkun ternama Inggris. Ia berhasil mengalahkan pesaingnya, David Harrison yang berprofesi sebagai seorang tukang daging.

3. Bersihkan bulu 3 buah kalkun tercepat

Lagi-lagi kompetisi ini dimenangkan oleh Paul Kelly. Ia bisa membersihkan bulu tiga ekor ayam kalkun dengan cepat. Ia berhasil mencabut semua bulu kalkun dalam waktu 11 menit 30.16 detik. Kompetisi ini dilakukan di Little Claydon Farm, Inggris pada 13 November 2008.

Kompetisi ini jadi bagian dari acara Gordon Ramsay's Cookalong. Paul berhadapan langsung dengan Gordon Ramsay yang saat itu berhasil mencabut bulu tiga ekor kalkun selama 11 menit 31.78 detik.

4. Pumpkin pie terbesar

10 Makanan Ini Berhasil Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Istimewa
Perusahaan asal AS, New Bremen Giant Pumpkin Growers membuat pumpkin pie seberat 1.679 kg. Pumpkin pie tersebut memiliki diameter sebesar 6 meter dan terbuat dari 440 lembar adonan. Pie raksasa itu dibuat pada 25 Sepetember 2010. Bahan yang digunakan dalam pembuatan pumpkin pie ini antara lain, susu evaporasi, telur, gula, garam, kayu manis dan labu.

5. Botol anggur terbesar

10 Makanan Ini Berhasil Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Istimewa
Botol anggur terbesar dunia ini tercatat pada bulan Oktober 2014. Tingginya mencapai 4 m 10 cm dan diameter botol mencapai 4 m kaki 29 cm. Botol raksasa itu bisa menampung seberat 3.094 liter wine. Botol wine raksasa ini milik André Vogel asal Lyssach, Swiss.

6. Labu terberat

10 Makanan Ini Berhasil Pecahkan Guinness World RecordsFoto: Istimewa
Labu jadi salah satu bahan paling penting dalam perayaan Thanksgiving. Guinness World Records berhasil menemukan labu terberat sedunia pada 1 Oktober 2011 di Port Elgin Pumpkinfest, Kanada. Labu itu memiliki berat sebear 674,31 kg. Labu itu ditanam oleh pemilik kebun labu asal Kanada bernama Joel Jarvis.

7. Makan saus cranberry tercepat

Saus cranberry jadi lauk favorit dalam perayaan Thanksgiving. Pria asal Inggris bernama Erkan Mustafa berhasil pecahkan makan saus cranberry tercepat. Ia melahap sebanyak 500 gram saus cranberry selama menit 1,46 detik dalam acara Soccer AM di London, Inggris pada 11 Desember 2012.

8. Parade tiup balon terbesar

Ini dia salah satu parade perayaan Thanksgiving yang berhasil pecahkan rekor. Pawai tahunan Thanksgiving di New York, AS, mengadakan parade tiup 30 balon ukuran besar. Ada balon bentuk Big Bird yang berukuran 19 meter, balon Curious George berukuran 14 meter hingga balon berukuran 18 meter.

9. Kalkun terberat

Kalkun terbesat ini milik Philip Cook di Leacroft Turkeys Ltd, Peterborough, Inggris. Kalkun jantan bernama Tyson itu memiliki berat 39.09 kg. Kalkun ini berhasil memenangkan kompetisi kalkun terberat yang diadakan di London pada 12 Desember 1989. Kalkun itu akhirnya dilelang dan berhasil terjual sebesar £ 4400 (Rp 81 juta). Semua hasil lelangan disumbangkan ke badan amal. (dwa/odi)