Itadakimasu! Di Kereta Ini Bisa Makan Enak Sambil Lihat Panorama Alam

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 17 Nov 2018 13:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Inginkan suasana makan yang berbeda saat berkunjung ke Jepang? Coba makan di kereta Tohoku Emotion ini.

Tohoku Emotion menyajikan pengalaman santap berbeda. Para penumpangnya bisa makan sambil melihat pemandangan yang indah. Tohiku Emotion diluncurkan pertama kali pada Oktober 2013.

Para penumpang akan diajak berkeliling sepanjang Pantai Sanriku di wilayah Tohoku, Jepang utara. Ini adalah salah satu 'Joyful Trains' milik East Japan Railway Company (JR East) yang bertujuan untuk mempromosikan prefektur yang belum populer di Jepang.

Itadakimasu! Di Kereta Ini Bisa Makan Enak Sambil Lihat Panorama AlamFoto: Istimewa

Baca juga: Ini 8 Oleh-oleh yang Enak dan Murah Meriah dari Jepang!

Melakukan perjalanan antara kota Hachinohe di Prefektur Aomori dan Kuji di Prefektur Iwate, Tohoku Emotion menawarkan menu musiman yang diracik oleh celebrity chef Jepang. Tentunya dengan menonjolkan hasil pangan Tohoku. Seperti landak laut, daging sapi, jamur shitake hingga anggur gunung.

Menunya berganti setiap enam bulan begitupun dengan chef yang meracik hidangannya. Seorang chef diperbolehkan meracik hidangan selama satu tahun atau dua periode di sana.

Itadakimasu! Di Kereta Ini Bisa Makan Enak Sambil Lihat Panorama AlamFoto: Istimewa

Saat ini, menu yang dihadirkan dalam kereta fine dining itu merupakan menu buatan chef Shinsuke Ishii. Mantan koki restoran Prancis, Bacar, itu akan manjakan lidah penumpang hingga Maret 2019.

Para penumpang akan menikmati empat hidangan utama saat kereta berjalan dari wilayah Hachibohe ke Kuji. Setelah melihat pemandangan sambil menyantap hidangan di Kuji selama 1.5 jam, hidangan penutup akan disajikan secara prasmanan. Menu penutupnya dibuat oleh chef Takashi Kumagai dari Hotel Metropolitan Morioka. Menu itu jadi teman selama perjalanan dari Kuji ke Hachinohe.

Enaknya, disetiap tempat dengan pemandangan indah, kereta akan melambat. Sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan atau pun memotretnya sambil melahap hidangan enak tanpa harus beranjak dari kursinya.

Itadakimasu! Di Kereta Ini Bisa Makan Enak Sambil Lihat Panorama AlamFoto: Istimewa

"Menunya rata-rata 'Western innovative'. Hidangan modern yang tak biasa bagi warga Tohoku karena pusat budaya makanan mereka ada di sekitat hidangan lokal regional. Idenya ialah agar bisa menikmati makanan seperi itu saat bepergian hingga menciptakan kenangan dan kebahagiannya yang luar biasa," jelas Hikaru Patrick Okada selaku staf kreatif Transit General Office pada CNN (16/11).

Untuk mendapat pengalaman unik ini, cukup siapkan uang sebesar 11.900 yen (Rp 1.5 juta). Satu yang perlu dicatat, kereta ini hanya beroperasi pada hari jumat hingga Senin.

Baca juga: Tak Sepopuler Sushi, 8 Makanan Jepang Ini Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com