Jajanan Era 90'an

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SD

Devi Setya - detikFood Sabtu, 17 Nov 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an
Jakarta - Masa sekolah anak-anak era 1990-an memang seru. Banyak jajanan murah enak dan ngangenin. Jajanan apa yang jadi favoritmu?

Anda yang menjalani masa SD di tahun 90-an rata-rata memiliki jajanan yang sama. Beberapa diantaranya ada telur gulung, gulali hingga kue laba-laba yang dijajakan penjual gerobak sederhana.

Kini jajanan-jajanan jadul ini memang masih bisa ditemui. Sambil nostalgia, jajanan apa saja sih yang dahulu populer di kalangan anak SD?

1. Telur Gulung

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SDFoto: Istimewa

Olahan telur tampaknya selalu jadi favoritnya anak-anak, apalagi kalau diolah menjadi sajian yang menarik. Telur gulung terbuat dari telur yang digoreng dalam minyak banyak lalu dililitkan pada sebilah bambu.

Penjualnya menggulung telur dengan cekatan. Aksi ini kadang menjadi tontonan seru anak-anak. Telur gulung biasa dinikmati dengan saus sambal cair.

Baca juga : Ini Dia 6 Cokelat Favorit Anak 90-an, Kamu Suka Yang Mana?

2. Telur Goreng

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SDFoto: Istimewa

Masih berbahan telur, jajanan yang ini tak kalah populer. Dahulu penjualnya berjualan menggunakan gerobak pikul. Sebenarnya jajanan ini simpel karena hanya telur goreng tapi dimasak dengan wajan cetakan berbentuk bulat-bulat.

Tak hanya jadi penonton, anak-anak masa itu juga bisa memasak telurnya sendiri. Sedikit demi sedikit telur dituang dalam cetakan lalu dimasak hingga matang. Makin enak dimakan hangat dengan saus sambal dan kecap manis.

3. Permen gulali

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SDFoto: Istimewa

Selain permen-permen kemasan yang banyak dijual di warung, permen gulali juga banyak dinanti. Permen manis ini terbuat dari gula yang dipanaskan hingga menjadi karamel yang kental dan lengket.

Karamel ini nantinya akan dibentuk menjadi karakter lucu. Penjualnya membuat permen gulali sesuai permintaan pembelinya. Bisa dibuat bentuk ayam jago, bunga, dot bayi hingga bentuk balon yang bisa ditiup.

4. Gulali Kapas

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SDFoto: Istimewa

Manisnya cotton candy alias gulali kapas bisa bikin lidah anak-anak terbelai rasa manis. Meskipun kadang para orang tua melarang anaknya makan terlalu banyak gulali kapas.

Gulali ini dulu jadi jajanan favorit. Anak-anak akan sabar menunggu sambil menonton permen gulalinya selesai dibuat. Hingga kini gulali kapas memang masih mudah ditemui namun biasanya sudah dikemas dalam plastik.

Baca juga : Permen Rokok hingga Permen Kaki, Jajanan Manis di Masa Kecil

5. Kue Laba-laba

5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SDFoto: Istimewa

Kue laba-laba dan kue cubit seolah jadi paket jajanan yang tak bisa dipisahkan. Dua kue manis ini dibuat dari adonan yang sama jadi bisa jajan kue cubit sekaligus kue laba-laba.

Kue yang terbuat dari campuran terigu, gula, air dan telur ini masak dengan bentuk jaring sehingga membentuk sarang laba-laba. Meskipun sederhana, rasa kue manis ini tampaknya sulit untuk dilupakan.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an