Keren! Ini Dia Restoran Robotik Pertama di China yang Futuristik

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 16 Nov 2018 11:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perusahaan E-commerce asal China buka restoran robotik pertama bernama XCafe. Seluruh pelayanan dilakukan oleh para robot canggih.

Pekan lalu (10/11), JD.com resmi membuka restoran robotik pertama di Sino-Singapura Tianjin Eco-city, China. Wilayah itu merupakan wilayah ramah lingkungan dan konservasi kota Tianjin.

Keren! Ini Dia Restoran Robotik Pertama di China yang FuturistikFoto: Istimewa
Menempati bangunan seluas 400 meter, XCafe menghadirkan interior ruangan yang futuristik. Retoran ini bisa menampung sebanyak 100 pengunjung.

"Kami akan memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Kami memiliki sekitar 300 tamu untuk makan malam dan meja kami selaku terisi penuh selama tiga putaran baik untuk makan siang dan makan malam," jelas Tang Siyu selaku manajer XCafe pada Panda Daily (12/11).

Di hari pertama pembukaan, restoran ini menarik perhatian warga terlebih mereka yang menyukai hidangan yang dimasak oleh robot canggih.

Keren! Ini Dia Restoran Robotik Pertama di China yang FuturistikFoto: Istimewa
Sebab di sini, segala sesuatunya dilakukan oleh robot. Mulai dari proses pemesanan makanan, penyiapkan bahan, memasak, penyajian makanan hingga pelayanan pelanggan. Para robot memiliki kecerdasan buatan berteknologi canggih.

Sehingga begitu pelanggan melakukan pemesanan, robot di bagian dapur menerima perintah untuk mulai menyiapkan hidangan yang dipesan. Begitu makanan selesai dibuat, robot berbentuk rak akan membawa hidangan tadi ke meja pemesan. Pelanggan cukup mengambil hidangan yang dibawakan robot itu ke mejanya.

Keren! Ini Dia Restoran Robotik Pertama di China yang FuturistikFoto: Istimewa
Meski terlihat sederhana, robot 'pramusaji' ini dilengkapi dengan teknologi 'self -driving'. Sehingga ia bisa bergerak secara mandiri tanpa adanya trek khusus. Hebatnya, dengan baterai penuh, robot ini bisa bekerja seharian penuh.

Sebenarnya restoran ini menyajikan lebih dari 200 hidangan. Namun saat ini hanya tersedia 40 hidangan yang tentunya dimasak oleh para robot. Sebagian besar berupa hidangan tumisan seperti hidangan China klasik, Kung Pao Chicken, udang goreng gaya "Bi Feng Tang", babi asam manis, dan lainnya.

Keren! Ini Dia Restoran Robotik Pertama di China yang FuturistikFoto: Istimewa
Pengalaman santap yang berbeda juga akan dirasakan para pelanggan karena XCafe juga menyiapkan area permainan VR interaktif.

Tapi, meski disebut restoran robotik, kehadiran manusia tetap dibutuhkan. Ada sekitar 5-6 orang pekerja yang ditugaskan untuk mengawasi dan menempatkan bahan di robot koki.

JD.com juga mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk membuka 1.000 restoran robotik di tahun 2020.




Tonton juga 'Aksi Keren Seniman Melukis Bareng Robot':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)