Rekomendasi Tempat Makan

Yuk, Jajan Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Nov 2018 12:00 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Kalau bosan makan siang di Jakarta, bisa melipir ke Bogor. Ada soto kuning khas Bogor, dengan aneka rempah, isian daging sapi hingga perkedel hangat yang gurih.

Sekilas tampilannya mirip dengan soto Betawi, tapi soto kuning asli Bogor ini berbeda karena warna kuningnya menggunakan kunyit. Selain itu isian dagingnya lebih dulu direbus dan diberi bumbu, sehingga rasa daging tidak alot dan gurih.

Untuk jenis isian ada daging, empal, otak, limpa, kikil, lidah, babat, hingga paru. Nah, di Bogor ada 5 tempat soto kuning legendaris yang sudah terkenal kelezatannya, dan wajib dicoba.

Baca Juga: Di Bogor Bisa Santai dan Makan Enak di 5 Coffee Shop Ini


1. Soto Kuning Pak Yusup

Yuk, Jajan  Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!Foto: Instagram @activeapril
Soto kuning racikan Pak Yusup memang paling terkenal di Bogor. Sudah berdiri sejak 1977, setiap harinya banyak orang yang rela mengantre untuk menikmati semangkuk soto kuning dengan nasi putih hangat.

Warung makan ini berlokasi di Surya Kencana, meski bermodalkan gerobak saja tapi cita rasa sotonya sudah tidak perlyu diragukan.Di sini menu soto kuning yang ditawarkan lengkap dengan pilihan bagian daging sapi sesuai selera, seperti kikil, paru, usus, hingga lidah. Setelah diberi bumbu garam, potongan daging dengan tambahan emping ini langsung disajikan dengan kuah kuning yang masih panas.

Soto Kuning Pak Yusup
Jl. Surya Kencana No.103.
Bogor Tengah, Kota Bogor.



2. Soto Kuning Pak Bongkok
Yuk, Jajan  Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!Foto: Instagram @makanajadah
Sudah berdiri lebih dari 40 tahun yang lalu, soto kuning buatan Pak Bongkok juga tak kalah terkenal. Porsinya cukup royal, dengan pilihan daging sapi yang tak kalah lengkap. Di sini Pak Bongkok menggunakan bagian dagin kepala sapi, sehingga tekstur daging cukup kenyal. Tapi tersedia juga bagian daging lain, seperti, otak, paru, limpa, lidah, usus, babat, hingga kikil dan bisa dipilih sesuai selera.

Cita rasa kuahh soto tidak pernah berubah, rasa kuah kuningnya yang cukup kental, cendrung manis dengan aroma kunyit yang harum. Tidak heran soto kuning Pak Bongkok ludes terjual dalam hitungan jam.

Soto Kuning Pak Bongkok
Jl. Surya Kencana No.285
Babakan, Bogor Tengah.


3. Soto PD Hasan
Yuk, Jajan  Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!Foto: Instagram @laparmanjaa
Penggemar soto tidak boleh melewatkan racikan soto kuning yang satu ini. Perpaduan antara santan, serai, kunyit, hingga lengkuas mampu membuat orang rela mengantre untuk menyantap hidangan ini. Selain irisan daging sapi, soto kuning di PD Hasan terdiri dari kikil dan paru yang digoreng hingga garing.

Untuk rasanya, aneka rempah begitu terasa kuat, dengan potongan daging yang empuk dan gurih. Kriuk renyah dari paru goreng juga tidak kalah menggoda, siap-siap tambah nasi putih kalau ke sini!

SOTO KUNING PD HASAN
Sindangrasa, Bogor Timur.
Telp: 0812-1214-7444


4. Soto Kuning M. Yusuf
Yuk, Jajan  Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!Foto: Instagram @perutkarets
Selain Pak Yusup, ada juga racikan soto kuning M. Yusuf yang tak kalah populer dan digemari banyak orang. Sama seperti Pak Yusup, warung makan ini sudah berusia puluhan tahun, citarasa soto kuning dengan isian dagingnya tidak pernah berubah.

Bedanya kuah soto di M. Yusuf punya tekstur yang lebih bening, dan tidak terlalu banyak menggunakan santan. Tapi warnanya tetap kuning pekat, rasanya juga tidak kalah enak dengan soto kuning lainnya lho.

Soto Kuning M. Yusuf
Jl. Surya Kencana No.255.
Gudang, Bogor Tengah.
Telp: 0812-9051-210


5. Soto Kuning A' Adam

Yuk, Jajan  Soto Kuning Khas Bogor yang Gurih Enak!Foto: Instagram @tania_tita
Ke warung makan yang satu ini, jangan lupa pesan soto kuning dengan isian kikil dan daging sapi rebus, ditemani dengan nasi putih hangat. Tentunta tak ketinggalan perkedel goreng kentang, yang gurih dan menggigit ketika dicampur dengan kuah.

Di sini setiap potongan daging sapi hingga jeroan rebus, teksturnya lembut dan tidak alot. Rasanya juga meresap sempurna ke racikah kuah soto, yang penuh rempah dan taburan bawang goreng hingga bawang daun. Kalau mau lebih segar, bisa tambahkan perasan jeruk nipis dan segelas es jeruk manis.

Soto Kuning A' Adam
Jalan Pahlawan No. 131.
Bondongan, Bogor Selatan.
Telp: 0856-9732-3456

Baca Juga; Di Bogor Bisa Jajan Bakso Kikil dan Bakso Gulung Enak di Sini (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com