Pelaku Stroberi Berjarum Tertangkap, Muncul Jeruk Berjarum

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 13 Nov 2018 11:01 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Wanita pelaku stroberi isi jarum yang menghebohkan warga Australia ditangkap dan dituntut dengan 7 tuntutan. Selanjutnya muncul kasus jeruk berjarum.

Kejadian ini berawal dari ditemukannya jarum jahit dalam stroberi yang dijual di wilayah Northern Territory, Australia pada September lalu. Buah tersebut dibeli di sebuah supermarket di kota Darwin. Berita terkait stroberi berjarum ini lantas tersebar luas. Hingga penemuan serupa mencapai 230 kasus di seluruh Australia lapor Food & Wine (13/11).


Pelaku Stroberi Berjarum Tertangkap Muncul Jeruk BerjarumFoto: Istimewa
Kekhawatiran warga akan hal ini membuat petani stroberi terpaksa menghancurkan buah stroberi panen mereka dan memecat pemetik stroberi karena penurunan penjualan.

Bahkan masalah ini berdampak sangat luas. Kabarnya sejumlah toko di Selandia Baru untuk sementara malarang penjualan stroberi asal Australia.

Melihat banyak hal yang terjadi akibat stroberi yang terkontaminasi, pihak berwenang akhirnya mencari penyebab stroberi berjarum ini. Mendapat titik terang, beberapa waktu lalu pihak berwajib Australia berhasil menangkap pelaku dibalik kejadian ini. Pelakunya adalah My Ut Trinh, mantan karyawan kebun stroberi di wilayah Queensland. Wanita yang akrab disapa Judy itu saat ini berusia 50 tahun.

Pelaku Stroberi Berjarum Tertangkap Muncul Jeruk BerjarumFoto: Istimewa
Ia ditangkap dan dituntut karena melanggar pasal 238 KUHP dengan hukuman penjara maksimal 3 tahun. Namun karena menyebabkan keresahaan warga, ia bisa saja dituntut dan diganjar hukuman hingga 10 tahun penjara.

Ia diadili di pengadilan Magistrat Brisbane. Menurut hakim pengadilan, Christine Roney, alasan Judy melakukan hal ini lantaran menaruh dendam pada bosnya.

"Kasus ini termotivasi dari adanya cekcok atau balas dendam," jelas Roney pada News AU (12/11).

7 News juga melaporkan jika Judy mengatakan pada orang lain bahwa dirinya ingin menjatuhkan mereka' dan membuat mereka keluar dari bisnis ini.

Ditemukannya DNA Judy pada punnet (kotak kemasan buah kecil) yang terkontaminasi di Victoria memperkuat bahwa dirinyalah penyebab stroberi berisi jarum.

Pelaku Stroberi Berjarum Tertangkap Muncul Jeruk BerjarumFoto: Cookist
Sebenarnya kasus buah berisi jarum makin meluas. Pada 20 September, News AU melaporkan bahwa seorang gadis menemukan objek metal, yang diyakini jarum, dalam pisang yang dibelinya di Redlynch Woolworths di Cairns, Queensland Utara.

Tak hanya itu, polisi New South Wales juga mengonfirmasi adanya seorang konsumen supermarket Coles di Central Coast yang menemukan jarum dalam mangga.

Pelaku Stroberi Berjarum Tertangkap Muncul Jeruk BerjarumFoto: Istimewa
Terbaru, awal bulan November ini seorang bocah berusia 4 tahun menemukan jarum jahit di dalam buah jeruk Navel yang akan dimakannya. Berdasarkan laporan WSFM (2/11), jeruk itu dibeli dari Woolworths, Sydney.

Baca juga: Setelah Stroberi, Kini Ada Temuan Jarum di Pisang dan Mangga Australia (dwa/odi)
CNN World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya