Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan Ketagihan

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 10 Nov 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Surabaya punya banyak makanan yang menggoyang lidah. Mulai dari rujak cingur, bebek goreng hingga sate klopo. Semuanya enak!

Berkunjung ke kota pahlawan, Surabaya jangan lupa mencicip kuliner khasnya. Ada banyak kuliner enak di sana. Mulai dari hidangan berkuah hingga kriuk renyah. Berikut 7 kuliner khas Surabaya yang tersohor kelezatannya.

1. Rujak Cingur

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: detikFood
Sesuai namanya, hidangan ini berbahan utama cingur. Cingur artinya mulut sapi. Mulanya mulut sapi direbus dan dipotong- potong. Kemudian dipadu dengan sayur dan buah seperti mentimun, bengkuang, tauge, mangga muda, kedondong, dan tahu tempe lalu disiram dengan saus petis gurih. Makin enak dimakan dengan tahu gunting dan kerupuk yang renyah.

2. Tahu Campur

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: Instagram
Tahu campur juga masuk dalam salah satu hidangan yang dibuat dengan campuran petis. Umumnya tahu campur berisi mie kuning, selada, tahu goreng, irisan perkedel singkong dan potongan daging serta urat sapi. Kuahnya berwarna kecokelatan karena sudah diaduk dengan petis.

Tahu goreng hangat yang lembut serta mie kuning plus kerupuk ditambah dengan daging serta urat sapi yang lembut gurih terasa kenyal-kenyal gurih manis. Hidangan ini enak disajikan selagi hangat. Tak heran kalau ada banyak kedai tahu campur di Surabaya. Sebab hidangan ini punya banyak penggemar.

3. Rawon

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: Instagram
Hidangan berkuah ini punya warna kuah yang hitam kecokelatan. Itu karena pencampuran kluwek dan bumbu rempah lainnya. Isiannya berupa potongan daging berlemak gurih dan tauge atau kecambah. Hidangan ini umumnya tersaji dengan telur asin, tauge pendek segar dan kerupuk udang. Paling enak dimakan dengan nasi putih hangat.

4. Sate Klopo

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: detikFood
Kuliner khas Surabaya ini enaknya sudah dijajakan sang penjual sejak pagi hari. Sehingga tak hanya bisa dijadikan menu makan siang, sate klopo juga bisa dijadikan menu sarapan. Ciri khas sate ini ialah satenya dilumuri dengan bumbu kelapa parut yang gurih. Umumnya disajikan dengan lontong atau nasi dan bumbu kacang yang ditambah serundeng. Selain daging ayam, sate ini juga sering dipadukan dengan pelengkap udang, usus atau kulit.

5. Bebek Goreng

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: Istimewa
Kelezatan bebek goreng khas Surabaya sudah dikenal banyak orang. Itu berkat citarasa istimewa yang ada pada bebek gorengnya. Bebeknya diolah dengan beragam jenis rempah yang bikin rasa daging bebek jadi gurih. Enaknya, rasa gurihnya meresap hingga ke dalam daging.

Yang juara adalah sambal rawit merah yang ditumis dengan lemak bebek. Gurih dengan pedas yang nonjok. Tak heran kota pahlawan ini dijadikan surga pencinta bebek goreng.

6. Soto Ayam Ambengan

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: Instagram @just.menik
Berbeda dengan soto ayam di wilayah lain, soto ayam ini punya kuah yang kuning pekat. Kuahnya dibuat dengan campuran kunir. Soto ambengan punya isian yang beragam, mulai dari daging ayam, jeroan, telur, hingga kulit dan brutu. Makin enak dimakan dengan koya dna kerupuk. Ada satu kedai soto ambengan yang dikenal di Surabaya. Bahkan kedai ini menduduki peringkat teratas Street Food Masters of The Year di World Street Food Congress 2013. Ya, soto Ambengan Pak Sadi.

7. Lontong Balap

Uenake Rek! Ini 7 Kuliner Surabaya yang Bikin Kangen dan KetagihanFoto: Instagram
Lontong balap khas Surabaya terdiri dari lontong, tauge dan lentho (perkedel dari kacang tholo atau kacang merah) dengan kuah kaldu rebusan tauge serta petis. Meski terlihat sederhana, hidangan ini punya rasa yang gurih pedas. Rasa serta tekstur renyah tauge plus gurih tahunya dijamin menggoyang lidah. (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com