Ragam Bakso Enak

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak Penggemar

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 17:30 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Tak hanya bakso urat dan bakso telur, 5 bakso ini juga sangat populer. Mulai dari bakso kerikil yang kecil hingga bakso aci yang kenyal.

Bakso jadi menu berkuah gurih hangat yang disukai banyak orang. Karena itu ada banyak kreasi bakso yang populer. Mulai dari bakso mercon, aci hingga iga. Berikut 5 jenis bakso populer yang punya banyak penggemar.

1. Bakso Aci

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak PenggemarFoto: Instagram
Meski terlihat sederhana, bakso aci tengah naik pamor. Banyak orang yang menggilai bakso khas Pasundan ini. Tak hanya makan langsung di gerainya tapi juga lewat bakso aci kemasan tinggal seduh. Sebenarnya bakso aci memiliki kuah kaldu gurih yang sama dengan bakso pada umumnya.

Hanya saja memiliki isian yang beragam. Mulai dari bakso aci, tetelan, cuanki tahu, bakso urat hingga ceker ayam. Tapi yang bikin bakso aci istimewa ialah pelengkapnya, berupa sambal atau bubuk cabai, sukro cikur, remahan kerupuk kulit serta jeruk nipis. Sehingga ada rasa pedas nendang plus renyah saat melahapnya.

Baca juga: Yuk, Ngebakso Aci yang Gurih Kenyal di 5 Tempat Ini!

2. Bakso Mercon

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak PenggemarFoto: Instagram
Kepopuleran makanan pedas membuat banyak kedai bakso menghadirkan kreasi bakso bercitarasa pedas nendang. Kalau biasanya bakso berisi urat, bakso ini berisi sambal rawit melimpah plus cincangan daging sapi. Karenanya dinamai bakso mercon.

Begitu baksonya dibelah, limpahan cabe yang bercampur dengan cincangan daging akan meleleh keluar. Umumnya bakso ini dimakan dengan dua cara. Pertama memotong dan langsung melahapnya dengan kuah kaldu bakso. Kedua dengan membiarkan sambal rawitnya bercampur dengan kuah kaldu sehingga pedasnya merata. Dimakan dengan cara apapun yang jelas bakso mercon punya rasa yang pedas nendang.

Baca juga: Tambah Semangat di Hari Senin dengan Bakso Mercon yang Pedas Nendang

3. Bakso Iga dan Sumsum

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak PenggemarFoto: dok. detikFood
Selain daging dan tetelan, iga dan sumsum sapi jadi bagian lain yang pas dipadu dengan kuah kaldu gurih bersama mie dan bakso yang kenyal. Daging iga sapi yang lembut bikin santap bakso terasa lebih nikmat.

Selain iga, sumsum yang disajikan lengkap dengan tulang sapi dalam semangkuk bakso juga sempat hits. Lembut gurihnya sumsum pas dimakan dengan kuah kaldu bakso. Slurp!

Baca juga: Slurpp! Bakso dengan Paduan Iga dan Sumsum Ada di Sini

4. Bakso Beranak

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak PenggemarFoto: dok. detikFood
Ini dia bakso yang sangat hits tahun lalu. Banyak gerai yang menyediakan menu bakso beranak. Disebut bakso beranak lantaran baksonya berukuran besar dan berisi bakso halus berukuran kecil. Sehingga kalau dibelah, bakso besar tadi terlihat seolah memiliki 'anak' alias bakso halus.

Ukuran yang besar serta isian yang melimpah membuat bakso ini digemari banyak orang. Apalagi saat adegan pemotongan bakso. Selain bakso halus, beberapa kedai bakso juga mengisi bakso jumbonya dengan telur rebus hingga ptongan tetelan dan daging sapi. Sehingga bakso beranak sangat pas dimakan bersama teman.

5. Bakso Kerikil

Mantap! Ini 5 Jenis Bakso Kekinian yang Punya Banyak PenggemarFoto: detikfood
Kepopuleran bakso kerikil kembali terlihat di tahun ini. Ada banyak penjual bakso kerikil atau pentol di pinggir jalan ibukota. Bakso biasa biasanya berukuran bakso sebesar bola bekel. Tapi bakso yang satu ini berbeda karena ukurannya sangat kecil yaitu hanya sebesar biji kelereng. Karenanya diberi nama bakso kerikil.

Meski kecil, bakso kerikil dipadu dengan tahu bakso plus mie dan suun. Jadi bisa mengenyangkan. (dwa/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak