Ragam Bakso Enak

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 17:20 WIB
Foto: Foto: FB : Bakso Rusuk Joss Foto: Foto: FB : Bakso Rusuk Joss
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak
Jakarta - Bakso identik dengan bentuk bulat. Akan tetapi di Indonesia punya bentuk bakso unik yang dibuat mirip buaya hingga donat.

Bakso dengan paduan kuah yang hangat dan gurih selalu jadi favorit banyak orang. Kalau biasanya bakso berbentuk bulat, beberapa penjual bakso menjual bakso dengan bentuk unik dan tak biasa.

Mulai dari bakso berbentuk barbel, mangkuk, buaya, cinta hingga donat. Bentuknya yang unik, makin pas dipadu bersama dengan pelengkap bihun hingga taburan bawang goreng. Sluurp!

Baca juga: Ada Bakso Beranak hingga Bakso Buaya yang Ngehits di Tahun Ini

1. Bakso tumpeng

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Bagus Kurniawan

Pernah coba bakso tumpeng? Bakso dengan bentuk unik ini ada di Jawa Tengah. Tepatnya di Lesehan Mbanyumili yang terletak di Jalan Imogiri Timur KM 14, Dusun Singosaren, Imogiri. Terkenal dengan sajian bakso berbentuk tumpeng, warung ini menjajakan bakso tumpeng dengan berbagai ukuran.

Mulai dari ukuran S (small), M (medium) dan L (large). Ukuran yang kecil berisi satu telur rebus sedangkan medium berisi dua telur dan ukuran paling besar berisi sepuluh telur sehingga bisa dimakan bersama-sama.

Bakso tumpeng yang unik ini disajikan bersama dengan pelengkap mie kuning, potongan tahu goreng, kuah bakso dan taburan seledri serta bawang goreng. Mantap betul!

2. Bakso mangkuk

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Istimewa

Berbentuk mirip seperti mangkuk, bakso yang satu ini cukup instagramable. Adonan bakso dibuat mirip seperti mangkuk dengan bagian atas yang terbuka. Alas mangkuk yang dibuat dari adonan bakso terbut kemudian diisi oleh beberapa jenis pelengkap.

Mi kuning, mi putih, tahu cokelat dan beberapa bakso polos. Salah satu tempat yang bisa Anda nikmati bakso mangkuknya adalah warung Bakso Rusuk Joss yang berada di kawasan Bekasi.

3. Bakso kotak

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Foody

Rasanya sih seperti bakso pada umumnya. Akan tetapi adonannya dibentuk kotak. Dalam proses pembuatannya, daging sapi yang sudah digiling, dicampurkan dengan telur dan bumbu serta dihaluskan dalam food processor kemudian ditambahkan dengan tepung sagu.

Untuk membentuk adonan bakso menjadi kotak, caranya adalah memipihkannya dengan penggiling kayu dan dicetak dengan bentuk persegi panjang dan dipotong dengan pisau. Disajikan dengan sayuran dan bihun. Sluurp!

4. Bakso barbel

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Instagram Bakso Barbel

Pernah coba bakso ini? Bentuknya sangat unik dan hanya ada di Indonesia. Bakso barbel ini bisa Anda temukan di Bandung dan Jakarta.

Bakso dengan bentuk unik ini ternyata milik Agung Hercules. Ia membuat bakso barbel dengan mesin cetakan khusus sehingga membuat bentuknya seperti barbel. Tidak hanya baksonya yang berbentuk barbel, namun alat makannya juga dibentuk seperti barbel.

5. Bakso buaya

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Screenshot Youtube Hitam Putih

Bakso yang satu ini bentuknya memang benar-benar tak biasa. Bakso berbentuk buaya ini dimiliki oleh warung Bakso Rusuk Joss. Tidak hanya bentuknya yang unik, namun baksonya juga diisi dengan lelehan keju mozarella.

Bagian bola mata buaya diberi cabai pedas yang menyengat dan didampingi oleh kuah jablay super pedas. Huah!

6. Bakso donat

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: baksodonat.blogspot.com

Sekilas Anda pasti akan mengira, ini adalah kue donat. Bukan diberi topping dengan meisjes atau keju. Donat ini justru dibuat dengan adonan daging yang dibentuk seperti cincin dan diberi isian keju mozarella. Bakso unik ini disajikan dengan mie dengan siraman kuah bakso yang hangat mengepul.

7. Bakso cinta

Bukan Bulat, Bakso Ini Bentuknya Buaya hingga Donat!Foto: Istimewa

Bentuk bakso yang satu ini dijamin bisa bikin jatuh cinta. Dibentuk menyerupai hati, bakso ini punya tekstur yang empuk enak. Jika ingin mencicipnya, Anda bisa langsung datang ke warung bakso cinta yang ada di kawasan Bangka 2 No. 33, Jakarta Selatan.

Baca juga: 10 Varian Bakso Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Mana Favoritmu? (lus/odi)
FOKUS BERITA Ragam Bakso Enak