Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama Genderuwo

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ramai soal politik genderuwo, sebenarnya sejak lama nama setan itu dipakai buat nama makanan enak dan unik di berbagai daerah.

Dalam mitos makhluk halus di Indonesia, genderuwo adalah gambaran sosok setan yang seram bertubuh besar. Ternyata sebutan genderuwo juga dianggap 'menjual' bagi para pelaku usaha kuliner.

Berikut beberapa makanan yang dijual dengan menyematkan nama genderuwo. Tenang saja, tidak ada genderuwo sungguhan pada makanan ini.

1. Bakso Genderuwo
Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama GenderuwoFoto: Istimewa
Bakso genderuwo tampil dengan penampakan yang seram. Tak seperti biasanya, permukaan bakso genderuwo ini penuh mie.

Mie yang digunakan ini semacam pasta yang ditusukkan pada bakso. Ketika direbus, mie akan menjadi lunak dan terlihat seperti rambut gondrong. Apalagi bakso ini hadir dalam ukuran yang besar.

Baca juga : Hii Seram! 5 Makanan Ini Pakai Nama Setan

2. Nasi Bakar Genderuwo
Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama GenderuwoFoto: Istimewa
Kalau bakso genderuwo kurang seram maka bisa pilih nasi bakar genderuwo. Tampilannya nggak kalah seram. Nasi berwarna hitam dengan campuran macam-macam lauk.

Warna hitam pada nasi bakar ini berasal dari tinta cumi. Selain nasi, isiannya ada daging cumi asin, sayur dan sambal. Tak hanya tampilannya seram, rasanya juga pedas.

3. Soto Genderuwo
Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama GenderuwoIlustrasi foto soto/ Foto: Istimewa
Di Klaten ada kedai yang menawarkan menu soto agak klenik. Bukan karena pelayannya makhluk halus, tapi karena namanya soto genderuwo.

Jangan bayangkan soto ini melibatkan genderuwo saat proses pembuatan, namanya digunakan murni hanya untuk menarik perhatian pelanggan saja. Semangkuk soto genderuwo berisi bihun, kol dan irisan ayam lalu dituang kaldu gurih.

4. Mie Genderuwo
Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama GenderuwoFoto: Istimewa
Warung yang menyediakan menu ini memang mengusung konsep horor. Namanya saja Mie Iblis Twins Corner, sementara menu andalannya ada mie genderuwo.

Mie ini punya warna merah yang dibuat dari campuran buah dan sambal. Lalu mie disajikan pedas dengan tingkat level yang bisa dipilih sesuai selera. Tampilannya memang seram, ditambah lagi rasanya yang pedas.

Baca juga : Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan Dhemit dari Pacitan

5. Es Genderuwo
Bukan Hanya Politik Genderuwo, 5 Makanan Ini Juga Pakai Nama GenderuwoFoto: Istimewa
Bukan hanya makanan saja tapi genderuwo juga hadir dalam bentuk minuman. Kalau dilihat sekilas, es ini tidak seram ya, malah kelihatan segar dan cantik.

Tapi isiannya yang banyak membuat es ini penuh dan tampak campur aduk. Ada cincau hitam, jelly, kiwi, pir, strawberry hingga buah belimbing di dalam segelas es ini. Kalau genderuwonya seperti ini pasti tidak ada yang takut. (dvs/odi)