Terungkap, 1 Dari 5 Insiden Luka Bakar pada Anak Disebabkan Mie Instan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 12:29 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mie instan disukai semua kalangan termasuk anak-anak. Namun saat menyiapkannya perlu berhati-hati karena bisa sebabkan luka bakar.

Kecelakaan yang dipicu produk makanan terjadi setiap tahun di Amerika Serikat. Komisi Keamanan Produk Konsumen mengumpulkan data soal kecelakaan ini dalam database Electronic Injury Surveillance System (NEISS).

Informasi didapat dari catatan 96 rumah sakit di wilayah Amerika Serikat. Semua data nantinya sangat berguna untuk para peneliti. Tahun lalu, misalnya, CPSC memperkirakan ada lebih dari 2.300 orang dilarikan ke unit gawat darurat karena celaka akibat pizza.

Kecelakaan tersebut meliputi luka karena potongan pisau pizza, luka bakar ketika memanggang pizza, jatuh ketika membuat pizza, hingga cidera karena mengambil pizza dari restoran. Ada juga kasus kecelakaan setelah jatuh dari tempat tidur, karena berusaha mengambil pizza.

Terungkap, 1 Dari 5 Insiden Luka Bakar pada Anak Disebabkan Mie Instan!Foto: iStock

Baca Juga: Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara Pizza

Dari data NEISS pula, tim peneliti dari Emory University bisa memperkirakan 1 dari 5 insiden luka bakar pada anak disebabkan sup dan mie instan. Ini berarti sekitar 10.000 anak-anak tersiram air panas akibat sup per tahunnya.

Dikutip dari CNN (2/11), Dr. Courtney Allen mengungkap ada lebih dari 4.500 kasus luka bakar pada anak yang masuk data NEISS dalam 11 tahun terakhir. Dr. Allen menyebut penyebabnya adalah sup instan, mie instan dan sup dalam kemasan cup.

"Penting bagi kita untuk mengingat, dan bagi orang tua untuk diperhatikan, bahwa (sup dan mie instan kemasan) hanyalah wadah tipis dengan air mendidih di dalamnya. Saya kira ada anggapan bahwa sup dan mie instan ini lebih aman dari sup yang dimasak di kompor, padahal sebenarnya tidak," jelas Dr. Allen.

Selain yang diungkap Dr. Allen, kecelakaan akibat sup instan yang dimasak di microwave juga diungkap dalam Journal of Burn Care and Research tahun 2006. Peneliti menyebut bentuk dari cup-lah yang membuatnya sebabkan banyak masalah.

Terungkap, 1 Dari 5 Insiden Luka Bakar pada Anak Disebabkan Mie Instan!Foto: iStock

"Kami menghipotesakan desain kemasan sup meningkatkan risiko luka bakar karena stabilitas wadahnya. Sup instan dikemas dalam wadah yang cenderung tinggi, dasarnya sempit, sehingga saat kena goncangan mudah tumpah," kata peneliti.

Sementara itu Dr. James J. Gallagher dari Presbyterian Weill Cornell Medical Center mengatakan pentingnya perhatian ekstra orang tua saat memberikan anaknya sup atau mie instan. Caranya adalah dengan membiarkan makanan tersebut dingin sebelum disajikan atau memindahkan makanan ke mangkuk yang lebih stabil. Tentunya juga dengan mengawasi mereka saat makan.

Baca Juga: Alami Luka Bakar karena Saus Lasagna, Wanita Ini Tuntut Restoran Rp 687 Juta!

(adr/odi)