Gurih Harum Range Karampe dari Tepung Sagu Khas Saneo

Faruk Terkini - detikFood Jumat, 09 Nov 2018 10:53 WIB
Foto: Faruk Terkini/detikFood Foto: Faruk Terkini/detikFood
Dompu - Jika Papua dan Maluku terkenal dengan Papedanya, maka Saneo Dompu punya Range Karampi yang khas. Makanan dari dua daerah yang berbeda ini terbuat dari tepung sagu.

Makanan yang satu ini, memang belum populer. Bahkan di Kabupaten Dompu sendiri masih belum banyak dikenal. Pasalnya, makanan ini hanya bisa dijumpai di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Dompu NTB.
Gurih Harum Range Karampe dari Tepung Sagu Khas SaneoFoto: Faruk Terkini/detikFood
Warga Saneo menyebut makanan ini Range Karampi. Rasanya renyah dan gurih. Terbuat dari kelapa parut, gula, garam dan bahan utamanya adalah karampi atau sagu. Tepung yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau pohon sagu.

Untuk proses pembuatannya sendiri tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu yang lama. Tepung sagu dicampur kelapa parut yang tidak diperas, gula dan sedikit garam. Lalu bahan tersebut dicampurkan dengan sedikit air, tetapi tidak sampai mengental.

Selanjutnya wajan besi dipanaskan. Campuran bahan tadi diratakan di dalam wajan panas kemudian ditekan hingga membentuk lingkaran. Setelah beberapa menit akan tercium aroma harumnya keluar. Range Karampi siap dimakan. Agar rasanya renyah sebaiknya makan selagi masih hangat.

Baca juga : Mencicipi Timbu dan Dahi yang Gurih dan Legit Khas NTB
Menurut warga setempat, makanan ini telah lama dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Pohon sagu sendiri didapatkan warga ditengah hutan rawa-rawa yang lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga.

Biasanya, warga Saneo mengonsumsi makanan ini menjelang musim tanam. Pada musim ini, warga berlomba-lomba mencari pohon sagu. Setelah diproses menjadi tepung, pencari pohon sagu kemudian membagikannya kepada warga lain untuk dinikmati secara bersama-sama.

(dvs/odi)