Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di Dunia

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pasar tradisional yang unik di berbagai negara bisa jadi destinasi wisata kuliner. Tak hanya peralatan dapur dan barang unik, ada juga makanan enak yang dijajakan.

Selain tempat wisata dengan keindahan panorama yang cantik, pasar juga jadi salah satu tujuan para wisatawan untuk membeli oleh-oleh hingga mencari makanan unik khas daerah tersebut. Di beberapa negara, pasar tradisional masih menjadi pilihan terbaik yang menyuguhkan aneka keperluan harian.

Mulai buah, sayuran hingga jajanan kaki lima yang mengenyangkan. Yuk, intip pasar tradisional di 7 negara ini.

Baca juga: Catat! 5 Pasar Terbesar Di Dunia Ini Bisa Dijadikan Destinasi Wisata Kuliner

1. Chatuchak Weekend Market, Bangkok

Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di DuniaJajanan serangga goreng di Thailand. Foto: iStock

Siapa yang tak kenal pasar ini. Jika Anda berkunjung ke Bangkok, Anda bisa mampir untuk membeli aneka makanan, kerajinan, barang-barang antik, pakaian hingga binatang. Ada sekitar 15.000 vendor yang berjualan di sini.

Pasar Chatuchak ini buka hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Memiliki harga yang murah, tak heran jika ada sekitar 200.000 orang yang datang setiap akhir pekan. Lokasi Pasar Chatuchak terletak di seberang utara terminal bus yang berada di sepanjang Phahonyothin.

Jika berkunjung ke sini Anda bisa memilih beragam daging yang dibentuk menjadi sate yang dibakar dengan bumbu barbeque, serangga goreng hingga makanan tradisional khas Thailand yang lezat.

2. Grand Bazaar, Turki

Grand Bazaar, TurkiGrand Bazaar, Turki. Foto: iStock

Grand Bazaar ini berada di Istanbul, Turki. Pasar ini menjadi salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Pasar ini dibangun pada tahun 1461 dan hingga kini masih berdiri dan menjadi salah satu pasar tradisional tertua dan terbesar di dunia.

Pasar yang digemari wisatawan lokal hingga mancanegara ini tidak buka setiap hari. Jika ingin berbelanja ke pasar ini sebaiknya Anda datang setiap hari Minggu. Karena pasar ini buka setiap Senin hingga Sabtu dan buka pukul 08.30 hingga 19.00 waktu setempat.

Tidak hanya menjual beragam jenis karpet, perhiasan, keramik dan kain. Pasar ini juga menjual beragam rempah khas Timur Tengah yang dijual dengan harga yang tak terlalu mahal.

3. Souks of Marrakech, Morocco

Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di DuniaAneka rempah yang dijual di Morocco. Foto: iStock

Datang ke Morocco, Anda bisa mampir ke Marrakech. Di sini ada pasar bernama Souks of Marrakesh yang terkenal dengan tekstilnya dan juga aneka rempah, buah-buahan kering hingga kacang-kacangan.

Anda bisa datang kapan saja untuk mengunjungi pasar ini. Tertarik untuk datang?

4. Shilin Night Market, Taiwan

Shihlin Night Market.Shihlin Night Market. Foto: iStock

Pecinta kuliner wajib nih datang ke sini. Ada oyster vermicelli, ayam goreng tepung, tempura hingga stinky tofu yang populer. Dikenal sebagai pasar malam, setiap harinya para pedagang di sini menjajakan makanan pukul 8 malam hingga 2 pagi.

Terletak di District, Tipei, Pasar Malam ini sering dianggap sebagai pasar malam terbesar dan paling terkenal di kota ini. Jadi, jika datang ke sini sebaiknya kosongkan perut untuk mencicip aneka makanan enak.

5. La Boqueria, Spanyol

Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di DuniaAneka buah-buahan segar. Foto: iStock

Pasar yang populer di Barcelona, Catalonia, Spanyol ini memiliki jajaran kios makanan dan bar-bar tapas yang sangat menarik para wisatawan.

Makanan yang ditawarkan di pasar ini adalah aneka buah-buahan tropis, biji zaitun, seafood hingga aneka jenis roti-rotian. Pasar yang sudah berdiri sejak abad ke-13 ini kebanyakan sudah diteruskan oleh penerus kedua.

Baca juga: Serunya Blusukan ke La Boqueria, Pasar Tradisional Terbaik di Dunia

6. Chandni Chowk, India

Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di DuniaRagam rempah untuk membuat makanan khas India. Foto: iStock

Liburan ke India, para wisatawan wajib mampir ke pasar kuliner Chandni Chowk, di Old Delhi. Pasar Chandni Chowk merupakan pasar tertua dan tersibuk di Delhi. Pasar ini dibangun oleh Raja India beragama Islam yaitu Shah Jahan pada abad ke-17.

Di sini Anda bisa menemukan chicken tandoori, chicken curry, jalebi hingga Falooda yang merupakan minuman dingin yang dibuat dari campuran susu, sirup mawar dan bubble.

7. Ver-o-Peso, Brazil

Jalan-jalan Sambil Jajan Enak di 7 Pasar Tradisional Terbesar di DuniaPasar ikan dan sayuran segar di Brazil. Foto: iStock

Bagi Anda pecinta seafood, ikan dan sayuran bisa nih mampir ke pasar segar ini. Buka setiap hari, pada pagi hari pasar ini sudah lengkap dengan aneka makanan segar. Pasar yang terletak di sebelah dermaga Belem ini juga menjual ikan segar hasil tangkapan para nelayan serta buah-buahan eksotis. (lus/odi)