Mantul! Chef Ini Menggoreng Makanan Menggunakan Tangan Kosong

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 14:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jangankan tangan kosong, menggoreng makanan pakai spatula dalam minyak saja sudah panas. Hebatnya chef asal Jepang ini ahli goreng makanan dengan tangan kosong.

Kalau di Makassar dan Gorontalo banyak penjual pisang goreng yang mencelupkan tangan langsung di dalam minyak panas, Jepang juga punya banyak chef ternama yang memiliki keahlian ini.

Baca Juga: Wuow! Pria Ini Bisa Menggoreng Ikan dengan Tangan Telanjang!
Mantul! Chef Ini Menggoreng Makanan Menggunakan Tangan KosongFoto: Istimewa
Dilansir Daily Mail UK (02/11), Shuji Niitokme merupakan salah satu chef terkenal di Jepang, terutama dalam mengolah hidangan tempura. Chef berusia 44 tahun ini terkenal karena keahliannya, menggoreng tempura dalam minyak panas menggunakan tangan kosong.

Di restoran mewah miliknya di wilayah Nagoya, setiap orang harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 4.636.800,- untuk bisa mencoba hidangan tempuranya.

Uniknya, Chef Shuji tidak pernah menggunakan peralatan apapun ketika menggoreng tempura. Ia langsung menyelupkan tangannya ke minyak panas, sekaligus mengambil tempura yang sudah matang. Dia sudah melakukan hal ini lebih dari 20 tahun.
Mantul! Chef Ini Menggoreng Makanan Menggunakan Tangan KosongFoto: Istimewa
Meski permukaan tangannya memang sedikit kering karena selalu bersentuhan dengan minyak panas, tapi Chef Shuji tidak pernah memiliki masalah kesehatan dengan tangannya. Bahkan ia sampai diundang ke restoran Yashin Ocean House, di Kensington London, untuk mempertunjukkan keahliannya dalam memasak.

Dengan ahli, Chef Shuji menggoreng tempura dalam minyak panas menggunakan tangan kosong. Selain menggunakan tangan kosong, ia terkadang menggunakan sumpit untuk membalikan tempura, namun selebihnya menggunakan tangannya.


Tonton juga 'Aksi Luar Biasa Ibu-ibu Masukkan Tangan ke Penggorengan':

[Gambas:Video 20detik]


Fenomena menggoreng makanan dengan tangan kosong, memang bukan hal yang baru lagi. Sebelumnya sebuah gerai tempura di Jepang, sempat viral karena aksi pemilik yang mencelupkan tangannya dalam minyak panas.
Mantul! Chef Ini Menggoreng Makanan Menggunakan Tangan KosongFoto: Istimewa
Menurut seorang netizen, menggoreng tempura dengan tangan relatif aman. Karena ada efek Leidenfrost, yang ditemukan oleh seorang ilmuwan di abad 18. Penemuan ini menjelaskan bahwa ketika cairan mendekati cairan lain yang lebih panas dari titik didih cair, makan akan menghasilkan uap yang menyebabkan efek isolasi.

Sehingga bagian tangan yang dilapisi adonan tempura, akan aman karena cairan ini relatif dingin dan melindungi permukaan kulit dari sengatan minyak panas. Meski begitu tetap ada batas waktu, sehingga dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus ketika menggoreng dengan tangan kosong.

Baca Juga: Wouw! Chef Ini Goreng Tempura dengan Tangan Telanjang di Minyak Panas

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com