Unik! Restoran Ini Hidangkan Kalkun Biru yang Disajikan dengan Mie Instan

Devi Setya - detikFood Senin, 05 Nov 2018 17:50 WIB
Foto: Istimewa/Rumah Rasa
Jakarta - Hidangan kalkun berwarna biru memang terdengar sedikit aneh. Tapi ini nyata dan disajikan oleh restoran Indonesia yang ada di Singapura.

Dikabarkan Coconut (5/11) sebuah kalkun jadi hidangan istimewa yang hadir di momen Natal. Tapi bukan sembarang kalkun, unggas ini diolah menjadi warna biru terang yang berhasil mencuri perhatian.

Tepatnya di restoran Rumah Rasa yang berlokasi di Bay Hotel Singapura. Hidangan nyentrik ini dibuat sesuai dengan konsep dekorasi Natal di hotel ini yang mengusung warna biru.
Unik! Restoran Ini Hidangkan Kalkun Biru yang Disajikan dengan Mie Instan Foto: Istimewa/Rumah Rasa
Baca juga : Yang Lezat di Hari Natal, Ada Kalkun hingga Ragam Kue Cantik!

Bukan hanya warna biru saja yang menyita perhatian tapi juga pendamping dari ayam kalkun ini. Kalkun disajikan dengan Indomie yang disajikan di sekeliling kalkun. Ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghadirkan mie favorit di Indonesia.

Chef Esa adalah orang yang berperan pada hadirnya sajian ini. Executive Chef di Rumah Rasa ini merebus kalkun dengan tambahan bunga telang sampai empuk dan kalkun berubah menjadi biru.

Setelah empuk, kalkun dipanggang dalam oven hingga matang. Sementara hidangan pendampingnya terbuat dari mie instan yang dicetak mangkuk lalu direndam dalam susu dan dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah khas Indonesia.
Unik! Restoran Ini Hidangkan Kalkun Biru yang Disajikan dengan Mie Instan Foto: Istimewa/Rumah Rasa
Dipilihnya warna biru sebenarnya agak kontroversi, mengingat warna biru adalah salah satu warna yang mengurangi nafsu makan. Menurut ahli warna, Profesor Jill Morton, secara alami makanan berwarna biru sangat langka ditemui di alam.

Bahkan nenek moyang manusia seolah mengaitkan makanan berwarna hitam dan biru adalah indikator makanan mematikan atau beracun.

Namun di Asia, makanan berwarna biru bukanlah hal yang asing. Ada beberapa makanan Asia Tenggara yang warnanya biru, sebut saja nasi kerabu Malaysia yang dimasak dengan campuran bunga telang.
Unik! Restoran Ini Hidangkan Kalkun Biru yang Disajikan dengan Mie Instan Foto: Istimewa/Rumah Rasa
Baca juga : Daging Kalkun Diolah Jadi Masakan Enak, Mengapa Telur Kalkun Tak Dikonsumsi?

Sementara Indomie dipilih karena mie instan ini mendapat respon sangat positif di Rumah Rasa. Beberapa menu pendahulunya adalah Indomie nugget, gado-gado dan stroganoff yang disajikan dengan mie instan.

Selain kalkun biru, ada juga menu lainnya yang hadir sebagai menu spesial Natal. Ada daging domba panggang dengan bumbu bekakak khas Jawa, rendang pie dan masih banyak lagi. Semua menu spesial ini hadir di Rumah Rasa di Bay Hotel Singapura mulai tanggal 21 Desember hingga akhir tahun. Tertarik? (dvs/odi)