Muncul Di Soal Ujian, Kafe Ini Langsung Dapat Ulasan Buruk Dari Siswa

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 04 Nov 2018 18:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bukan karena pelayanan buruk atau rasa kopi yang tak enak. Kafe ini dapat ulasan buruk, setelah muncul di soal ujian yang membingungkan banyak murid.

Beberapa waktu yang lalu sekolah Victorian High School di Melbourne, Australia, baru saja menggelar ujian. Para murid ini awalnya menuliskan kata maaf kepada dalam ulasan Calmer Cafe, tapi setelah itu komentar dan ulasan buruk mulai berdatangan di Google dan situs kafe.
Muncul Di Soal Ujian, Kafe Ini Langsung Dapat Ulasan Buruk Dari SiswaFoto: Istimewa

Baca Juga: Dapat Review Buruk, Ini Reaksi Positif yang Dilakukan Restoran

"Kami tidak tahu apa yang terjadi," ungkap sang pemilik kafe Tara Conron kepada SmartCompany (01/11).

"Hangus, kopinya hambar. Wifi-nya memang gratis, tapi banyak pengunjung remaja yang melambatkan koneksinya. Juga, suasananya tidak nyaman," tulis satu ulasan tersebut.
Muncul Di Soal Ujian, Kafe Ini Langsung Dapat Ulasan Buruk Dari SiswaFoto: Istimewa

"Saya serius, kalian harus bertanggung jawab dengan nilai ujian saya," tulis ulasan lainnya. Setelah ditelesuri lebih lanjut, ulasan negatif ini datang dari para siswa di Victorian High School, yang kecewa dengan kurikulum sekolah. Kurikulum ini diatur dalam Victorian Curriculum and Assessment Authority (VCAA). Pihak VCAA lah yang menulis soal ujian untuk para murid.

Lewat ujian bahasa Inggris tahun ini, ada satu soal ujian yang menampilkan Calmer Coffee, sebuah kafe lokal yang dijadikan objek pertanyaan. Di soal itu para siswa dituntut untuk menganalisa ulasan buruk yang ada di situs kafe, termasuk ulasan yang menuduh bahwa kafe memiliki kopi hangus.

"Calmer Coffee merupakan salah satu contoh kafe franchise yang buruk, yang bisa ditemukan di banyak bandar udara di dunia," tulis soal tersebut. Meski Calmer Cafe hanya nama buatan saja, tapi banyak siswa yang justru menulis ulasan buruk ke situs Calmer Cafe yang ada. Sehingga rating Calmer Cafe yang asli, menurun dari 5 bintang ke 3,5 bintang.
Muncul Di Soal Ujian, Kafe Ini Langsung Dapat Ulasan Buruk Dari SiswaFoto: Istimewa

"Ada 5 siswa yang datang ke kafe ini. Kita tidak tahu kejadian ini hingga salah satu dari mereka menunjukkan soal ujian tersebut," ungkap sang pemilik. Untuk meredam rasa kecewa dari para siswa, sang pemilik menawarkan kopi gratis untuk setiap siswa Victoria yang mengerjakan soal ujian itu.

"Pihak VCAA meminta maaf karena menulis nama kafe yang sama dan mirip, sehingga menimbulkan ulasan buruk di internet dan sosial media. Kami bersedia untuk menangani hal inj secepatnya," ungkap perwakilan VCAA setelah pemilik kafe, memutuskan untuk menghubungi sekolah lewat pengacaranya.

Baca Juga : Layani Presiden Venezuela, Restoran 'Salt Bae' Dapat Ulasan Buruk (dvs/odi)