Ini Kabau, 'Jengkol Mini' Oleh-Oleh Bambang Trihatmojo Untuk Mayangsari

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 31 Okt 2018 10:28 WIB
Foto: Instagram mayangsaritrihatmojoreal Foto: Instagram mayangsaritrihatmojoreal
Jakarta - Jengkol mini dari Palembang punya aroma dan rasa mirip jengkol biasa. Tetapi jengkol yang jadi oleh-oleh Bambang Trihatmojo untuk istrinya, Mayangsari ini punya keunikan.

Kemarin (30/10) istri Bambang Trihatmojo, Mayangsari, mengunggah foto buah yang ia sebut sebagai 'jengkol', namun berpenampilan unik. Kalau biasanya jengkol memiliki bentuk yang bulat dan pipih, jengkol yang ia unggah memiliki bentuk yang berbeda.

Bentuknya tak beraturan, mirip seperti jengkol yang sudah diiris atau dibelah dua. Anehnya jengkol tersebut masih terbungkus kulit. Warna kulitnya pun terlihat lebih hitam. Ukurannya pun kecil, seukuran kancing baju.

Ini Kabau, 'Jengkol Mini' Oleh-Oleh Bambang Trihatmojo Untuk MayangsariFoto: Instagram mayangsaritrihatmojoreal
Baca juga: Aduh Sedapnya! Makan Nasi dengan Paduan Jengkol dan Petai di 5 Tempat Ini

Dalam unggahannya, Mayangsari juga mengaku baru mengetahui ada jengkol dengan bentuk unik itu.

"Sumpah baru tau bentuk jengkol ternyata adaaa yg seperti inii. Kecil tp baunyaaaa jengkol bgttt. Kl akyu sihh sukanya petehhhhh," tulis akun mayangsaritrihatmodjoreal.

Unggahan tersebut memancing beragam komentar, kebanyakan dari selebriti tanah air. Mereka juga mengaku baru tahu soal jengkol yang diunggah Mayang.

Ini Kabau, 'Jengkol Mini' Oleh-Oleh Bambang Trihatmojo Untuk MayangsariFoto: Instagram mayangsaritrihatmojoreal
Dimulai dari aktris sekaligus politisi, Ingrid Kansil. Ia menulis komentar, "Weleh2 jengkol abad 21 ini mah yaa buketu."

Pelantun lagu 'Ayat Ayat Cinta' juga tak mau ketinggalan. "Kok syantiiik yg ini bentukannya ahhahagaa.modern yaa," tulis Rossa.

Sama halnya dengan Cut Keke, "hahh' nga kaya jengkol yaaa." Komentar tersebut pun dibalas oleh Mayang, "iya ky kopi ya cinn tp itu beneran jengkol tptnya jengkol imyut shayyyy."

"hahahaha baru tau jg aq ada yg kayak gituu," komentar Ussy Pratama.

Pertanyaan bernada canda juga ditulis oleh Iis Dahlia, "Itu jengkol blm mletekkk yaaa."

Berdasarkan salah satu komentar Mayang, ternyata jengkol tersebut merupakan oleh-oleh dari Bambang setelah berkunjung ke Palembang. Apa benar tumbuhan yang diunggah Mayangsari merupakan jengkol?

Ini Kabau, 'Jengkol Mini' Oleh-Oleh Bambang Trihatmojo Untuk MayangsariFoto: Instagram mayangsaritrihatmojoreal
Ternyata itu bukanlah jengkol, melainkan kabau. Kabau memang masih satu famili dengan jengkol dan masuk dalam marga Archidendron. Kabau memiliki pohon yang besar dan tinggi serta kerap dijadikan papan. Kabau populer di wilayah Sumatera Selatan. Di sana bahkan ada sambal kabau, sambal dengan campuran jengkol versi mini ini. Konon rasanya lezat dan bikin nafsu makan meningkat.

Kabau dan jengkol memiliki rasa yang hampir sama namun kabau memiliki aroma yang lebih tajam. Selain itu, kabau memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki kulit yang lebih hitam. Kabau juga kerap disebut sebagai jering hutan. Sebab pohon kabau masuk dalam kategori tumbuhan liar yang tumbuh di hutan. Biasanya tumbuh di hutan Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan beberapa hutan di Jawa.

Baca juga: Jangan Berlebihan Makan Petai dan Jengkol!




Tonton juga 'Lihat Aksi Gadis Korea Makan Jengkol, Doyan Nggak Yah?':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)