Seafood Indonesia Paling Enak

Jakarta Punya Banyak Pasar Ikan Modern Untuk Belanja Seafood Segar

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 30 Okt 2018 18:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kini Jakarta punya banyak pasar ikan modern. Selain hasil tangkapan ikan dan seafood masih segar, di sini Anda bisa langsung berinteraksi dengan para nelayan.

Dekat dengan laut, kebanyakan pasar ikan berada di wilayah Jakarta Utara. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, di mana aktivitas pasar ikan belum terlalu diperhatikan. Kini hampir setiap pasar ikan besar di wilayah Jakarta, punya fasilitas yang memadai dan nyaman untuk dikunjungi.

Dari membeli ikan di pasar ikan higienis, hingga menawar langsung ikan segar hasil tangkapan nelayan. Berikut 5 pasar ikan di Jakarta yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: Ini 7 Jenis Ikan Laut Paling Disukai di Indonesia


1. Muara Angke

Jakarta Punya Banyak Pasar Ikan Modern Untuk Belanja Seafood SegarFoto: iStock
Masuk ke dalam daftar pasar ikan terbesar di Jakarta, pasar ikan Muara Angke di wilayah Pluit ini, punya beragam hasil tangkapan laut. Tidak hanya ikan saja, aneka seafood seperti cumi, tiram, udang, kepiting, hingga lobster tersedia di sini.

Uniknya, pasar ikan yang satu ini buka selama 24 jam karena roda tangkapan laut di sini selalu berputar. Kalau mau membeli ikan laut yang masih segar, dan lengkap bisa datang kesini sekitar jam 8 atau 9 malam, ketika para nelayan baru saja pulang melaut. Pastikan juga Anda pintar menawar harga, dan tau kisaran harga ikan. Karena banyak penjual ikan yang nakal, dan mematok harga tinggi.

Pasar Ikan Muara Angke
Jl. Pendaratan Udang No.11.
Pluit, Jakarta Utara.


2. Muara Baru


Kalau mau belanja ikan di pasar modern yang lebih nyaman dan teratur. Bisa mampir ke pasar ikan Muara Baru, pasar ikan ini punya konsep modern dan masih dalam tahap pembangunan. Meski begitu aktivitas jual beli ikan di sini masih tinggi.

Mau mencari ikan jenis apa saja ada di sini, dari ikan kerapu, tuna, hingga ikan hiu utuh semuanya tersedia dengan harga yang variatif dan bersaing. Pasar ikan ini sudah ada sejak 1846, dan menurut pemerintah kota Jakarta, pasar ikan Muara Baru nantinya akan jadi destinasi wisata yang populer.

Muara Baru Fish Market
RT.21/RW.17, Penjaringan.
Jakarta Utara.


3. Pasar Ikan Jatinegara

Jakarta Punya Banyak Pasar Ikan Modern Untuk Belanja Seafood SegarFoto: iStock
Kalau pasar ikan Jatinegara sudah terkenal dengan pasar subuh yang menjual berbagai macam ikan hias, dengan berbagai hiasan dan peralatannya. Tapi kini pasar ikan ini tak hanya menampilkan ikan hias saja, tapi banyak juga tangkapan ikan laut yang masih segar.

Pasar ini juga bisa dijadikan destinasi wisata lho, setelas puas memborong ikan segar. Anda bisa cuci mata melihat cantiknya ikan-ikan hias yang terpajang di sana.

Pasar Ikan Jatinegara
Jl. Kemuning Mede No.5.
Matraman, Jakarta Timur.


4. Pasar Mayestik


Tak perlu jauh-jauh menyusuri pasar ikan yang berada di wilayah Jakarta Utara. Di Jakarta Selatan ada Pasar Mayestik, yang punya pasar ikan higienis. Berbeda dengan pasar tradisional lainnya, pasar dengan konsep modern ini menyediakan ruangan atau blok khusus untuk penjual ikan dan hasil tangkapan laut.

Masuk ke blok penjualan ikan, Anda akan dibuat bingung memilih aneka ikan laut segar yang beragam. Selain ikan, di sini terdapat kerang, cumi, udang, kepiting, dan aneka ikan teri.

Pasar Mayestik
Jalan Tebah III, RT.14/RW.3.
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


5. Pasar Ikan Cilincing

Jakarta Punya Banyak Pasar Ikan Modern Untuk Belanja Seafood SegarFoto: iStock
Masih di wilayah Jakarta Utara, di Cilincing ada Kampung Nelayan yang jadi destinasi wisata pesisir di Jakarta. Kampung Nelayan ini dilengkapi dengan pasar ikan besar, dan juga tempat pelelangan ikan dan hasil tangkapan laut setiap harinya.

Selain bisa membeli ikan segar, Anda juga bisa menonton acara pelelangan ikan. Sekaligus berinteraksi langsung dengan para nelayan, kabarnya semua ikan di pasar Cilincing ini punya harga yang jauh lebih murah. Banyak orang yang datang kemari, untuk membeli ikan yang nantinya akan dijual lagi.

Pasar Ikan Cilincing
Jl. Cilincing Krematorium, RT.7/RW.4.
Cilincing, Jakarta Utara.


6. Everfresh Fish Market

Jakarta Punya Banyak Pasar Ikan Modern Untuk Belanja Seafood SegarFoto: iStock
Kalau mau belanja ikan segar, sambil menyantap hidangan aneka seafood, bisa mampir ke Everfresh Fish Market yang ada di wilayah Bendungan Hilir. Konsepnya menggabungkan restoran dan supermarket ikan yang modern.

Di sini tersedia berbagai menu seafood siap saji, seperti bandeng, keong macan, keong simping, udang, hingga sup jagung kepiting yang mantap. Belanja ikan pasti jadi lebih seru.

Resto Everfresh Fish Market
Jl. Penjernihan 1 No.8.
Bendungan Hilir, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 57905524

Baca Juga: Sebelum Beli Ikan, Kenali 5 Tanda Penting Ikan Segar Ini (sob/odi)