Unik! Ada Es Krim Tiram Goreng Tepung yang Krenyes Manis

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 29 Okt 2018 11:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Di Jepang ada es krim unik bernama es krim tiram goreng. Meski terdengar aneh, kabarnya rasanya enak. Seperti apa bentuknya?

Restoran di Jepang selalu punya cara jitu untuk menarik minat pengunjung. Salah satunya dengan menghadirkan menu-menu unik. Saking uniknya, banyak orang yang tak pernah terpikir untuk membuat menu tersebut.

Contohnya menu 'Fried Oyster Ice Cream' milik salah satu tenan di seafood market wilayah Prefektur Okayama, Gomi no Ichi. Dari namanya saja dessert tersebut terdengar aneh. Ternyata dessert itu berisi es krim vanilla ber-topping tiram goreng tepung.

Unik! Ada Es Krim Tiram Goreng Tepung yang Krenyes Manis Foto: Istimewa
Sehingga rasanya manis sekaligus gurih. Menu itu hadir lantaran kaki atau tiram jadi hasil laut andalan Prefektur Okayama . Apalagi di wilayah pesisir seperti Hinase dan Yorishima. Kaki Oko alias tiram okonomiyaki jadi olahan tiram populer di sana.

Baca juga: Viral! Es Krim Vanilla Ditaburi Katsuobushi Kayak Apa Rasanya Ya?

Kabarnya kreasi es krim unik ini juga melambangkan 'susu dari darat' alias vanilla dan 'susu dari laut' alias tiram. Untuk mencoba satu porsi es krim unik ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 300 yen (Rp 40 ribu).

Tapi ada cara khusus untuk menikmati es krim ini. Sang penjual menyarankan untuk mencocol tiram goreng tepung ke dalam es krim vanilla yang ada.

Unik! Ada Es Krim Tiram Goreng Tepung yang Krenyes Manis Foto: Istimewa
Berdasarkan hasil uji coba tim SoraNews24 (28/10), rasa es krim itu diluar dugaan karena rasanya ternyata lezat. Tiram goreng tepung yang sedikit renyah dan gurih berpadu dengan lelehan es krim vanilla di dalam mulut. Sehingga menghadirkan citarasa yang unik.

Sebenarnya ini bukan kreasi es krim bercitarasa bahan laut pertama di Jepang. Pertengahan tahun lalu, di sana ada tren es krim vanilla ditaburi katsuobushi. Katsuobushi sendiri terbuat dari ikan dan biasa ditaburi di atas takoyaki. Sehingga ada sensasi rasa manis dengan paduan katsuobushi yang gurih.

Unik! Ada Es Krim Tiram Goreng Tepung yang Krenyes Manis Foto: Istimewa
Dua tahun lalu, di Jepang juga ada kreasi es krim vanilla bertopping whitebait. Whitebait merupakan ikan kecil mirip teri yang biasa dijadikan campuran makanan di Jepang.

Di Indonesia sendiri pernah ada kreasi es krim bercitarasa ikan yakni es krim rasa ikan pindang. Dessert unik itu diciptakan oleh empat siswa-siswi SMA Mazraatul Ulum, Paciran tahun lalu. Berbeda dengan di Jepang, ikan pindangnya tak dijadikan topping atau pun bahan pelengkap. Tapi justru jadi bahan utama pembuatan es krim. Sehingga es krim tersebut memiliki rasa ikan pindang yang dominan. Meski begitu, tak ada bau amis dalam es krim buatan mereka karena dibuat dengan teknik khusus.

Baca juga: Berani Coba Es Krim Rasa Ikan Pindang?




Tonton juga 'Gemas! Ada Es Krim Mirip Anak Anjing di Restoran Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)