Rela Rugi! Pria Ini Jual Seporsi Takoyaki Seribu-an Untuk Anak Sekolah

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 27 Okt 2018 13:02 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau berjualan demi mendulang untung, pria ini justru sengaja berjualan demi membuat anak sekolahan kenyang dan senang. Ia sengaja menjual takoyakinya dengan harga yang sangat murah.

Siapa yang tak suka dengan kelezatan camilan khas Jepang ini. Adonan tepung berisi daging gurita lalu disiram saus okonomiyaki, mayonnaise, dan ditaburi katsubosi. Rasanya lembut, gurih, dan kenyal saat menggigit daging guritanya. Tak heran kalau takoyaki jadi camilan favorit banyak orang.

Melihat hal itu, pria berusia 52 tahun bernama Akio Mizuno akhirnya sengaja berjualan takoyaki tiap kamis di dekat beberapa sekolah kota Kusatsu, Jepang. Memanfaatkan sebuah van, ia menjual takoyaki dengan harga khusus. Waktu berjualannya pun taj terlalu lama, mulai dari jam setengah 4 sore hingga jam 5 sore.
Rela Rugi! Pria Ini Jual Seporsi Takoyaki Seribu-an Untuk Anak SekolahFoto: Istimewa
Baca juga: Mengharukan! Karyawan Fast Food Ini Susui Bayi yang Dibuang Dekat Gerai

Harga khusus ditetapkan berdasarkan jenjang pendidikan yang tengah ditempuh para pelajar. Untuk pelajar sekolah dasar, satu porsi takoyaki hanya dibanderol sebesar 10 yen (Rp 1.359). Sedangkan untuk sekolah menengah cukup membayar sebesar 50 yen (Rp 6.750) lapor Soranews24 (26/10). Harga tersebut jauh dibawah harga takoyaki pada umumnya.

Di sana, Akio dijuluki sebagai 'Uncle Fist'. Nama tersebut diambil dari cara pembayaran takoyaki. Tiap anak tak langsung memberi uang pada Akio. Tapi mereka hanya perlu mengepalkan tangan dan diam diam memasukkan uang koin yang ada ke dalam kotak yang disebut 'Fist Box'. Kotak tersebut berada di samping tempat memasak Akio.
Rela Rugi! Pria Ini Jual Seporsi Takoyaki Seribu-an Untuk Anak SekolahFoto: Istimewa
Agar tak menimbulkan suara, Akio sengaja meletakkan handuk di dalam kotak tersebut. Hal itu sengaja ia lakukan karena menurutnya tak semua anak memiliki uang sebesar 10 yen. Sehingga anak-anak yang hanya memiliki uang koin dibawah jumlah itu masih bisa merasakan kelezatan takoyaki buatannya. Karena tak ada yang tahu berapa uang yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut.

Setelah ditelusuri, Akio merupakan pemilik toko alat dan bahan makanan bernama Ritto di wilayah Prefektur Shiga. Sejak tahun lalu, ia selalu mengambil libur di tiap hari kamis. Tentunya bukan untuk bersantai atau pun liburan, tapi hanya untuk berjualan takoyaki.

Baca juga: Mengharukan! Karyawan Ini Tempuh 805 Km Antar Pizza Untuk Penderita Kanker (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com