Seafood Indonesia Paling Enak

Ini Nih 5 Daerah Indonesia yang Punya Seafood Enak!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Okt 2018 17:56 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kelezatan seafood Indonesia memang tak perlu diragukan. Di 5 kota ini sajian seafood-nya dijamin nikmat dan menggugah selera.

Tiap wilayah di Indonesia menghadirkan olahan seafood berbeda. Namun 5 kota ini tersohor akan kelezatan seafoodnya. Mulai dari Makassar, Lombok, hingga Cirebon. Apa saja ya keistimewaannya?

1. Makassar

Ini Nih 5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Enak!Foto: dok. detikFood

Menyebut seafood enak tak bisa meninggalkan Makassar. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini punya banyak ikan laut menggugah selera. Sebut saja papakulu, kudu-kudu, kaneke, katamba dan sukang.

Ikan-ikan tersebut paling enak dibakar. Kalau kualitasnya sudah bagus, ikan akan terasa manis gurih alami meski tanpa baluran bumbu. Tapi kalau mau diberi bumbu, Makassar punya parape. Pelengkapnya bisa sambal tomat kemangi hingga sambal rica-rica.

Baca Juga: RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu Parape dan Rica Khas Makassar

2. Ambon

Ini Nih 5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Enak!Foto: dok. detikFood

Wilayah Ambon yang dikelilingi laut membuat hasil seafood di sini beragam dan banyak jumlahnya. Rumah makan atau restoran biasanya akan mempersilakan pengunjung memilih sendiri seafood yang akan dinikmati.

Jenis ikan populernya adalah ikan laut dalam seperti gurapu, mubara, bawal dan kembung. Ada juga sotong dan cumi-cumi di Ambon. Kekhasan seafood Ambon ada pada sambal pelengkapnya yang bernama colo-colo. Sambal ini diracik dari irisan cabe rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, dan daun kemangi. Tak ketinggalan perasan air lemon.

3. Lombok

Ini Nih 5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Enak!Foto: dok. detikFood

Lombok dikenal sebagai salah satu penghasil lobster di Indonesia. Dalam sehari, hasil tangkapannya bisa mencapai ratusan hingga 1.000 lobster. Meski begitu, aneka seafood segar juga ada di sini.

Salah satunya di warung-warung makan yang berjejer di pantai Ampenan, Mataram. Seafood seperti udang, kerang, kepiting, ikan, dan cumi bisa dibakar atau direbus. Bumbunya bisa memakai bumbu bawang putih atau bumbu kare. Untuk sate seafood, biasanya memakai bumbu pelalah yang terkenal gurih pedas dan menggigit.

Baca Juga: 5 Daerah di Indonesia Ini Punya Lobster Enak Berdaging Tebal

4. Cirebon

Ini Nih 5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Enak!Foto: dok. detikFood

Berlokasi di pesisir laut, Cirebon menghasilkan banyak seafood segar dan berkualitas. Tak heran banyak orang merekomendasikan cicip seafood saat mampir ke Cirebon selain mencoba empal gentong dan tahu gejrotnya yang enak.

Menyusuri Cirebon bisa menemukan banyak rumah makan seafood. Namun kalau mau yang legendaris, mampirlah ke H. Moel Seafood di Jalan Kalibaru No. 39. Olahan seafood di sini sangat beragam seperti kepiting, kerang, udang dan aneka jenis ikan.

5. Balikpapan

Ini Nih 5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Enak!Foto: dok. detikFood

Kota terbesar kedua di Kalimantan Timur, Balikpapan, terkenal akan kelezatan seafood terutama kepitingnya. Banyak restoran menjajakan aneka olahan kepiting di kota ini.

Jenis kepitingnya juga beragam, mulai dari kepiting soka sampai kenari. Disebut kenari karena kepiting memakan buah kelapa segar sehingga menghasilkan daging yang manis enak. Kepiting ini enak direbus saja atau ditambah saus Padang hingga lada hitam.

(adr/odi)