Ditambah Selai Kacang, Roti Panggang dan Smoothies Jadi Lebih Creamy Gurih

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Okt 2018 06:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selai kacang yang gurih creamy jadi menu sarapan enak dan sehat. Bisa dicocol buah hingga dioles ke roti panggang.

Bukan hanya rasanya yang enak, selai kacang juga menawarkan banyak nutrisi saat disantap pagi hari. Selai kacang tinggi kandungan serat, protein dan lemak sehat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Dalam 100 gram selai kacang mengandung 588 kalori. Lemak totalnya mencapai 50 gram, karbohidrat total 20 gram, dan protein 25 gram. Dibanding mentega, selai kacang mengandung kalori dan lemak total lebih sedikit.

Ditambah Selai Kacang, Roti Panggang dan Smoothies Jadi Lebih Creamy GurihFoto: iStock

Baca Juga: Kalau Takut Gemuk, Ngemil Saja Pisang dan Selai Kacang 200 Kalori

Seperti diketahui, tiap 100 gram mentega mengandung 717 kalori dengan lemak total 81 gram. Karenanya selai kacang bisa jadi alternatif sehat pengganti mentega sebagai olesan roti. Asalkan memilih selai kacang alami yang hanya dibuat dari kacang saja plus sedikit garam atau bahan sehat lainnya.

Olahan populer selai gurih ini adalah peanut butter toast alias roti panggang beroles selai kacang. Bisa ditambahkan selai buah strawberry atau yang lainnya sehingga menjadi peanut butter jelly.

Ditambah Selai Kacang, Roti Panggang dan Smoothies Jadi Lebih Creamy GurihFoto: iStock

Peanut butter toast juga bisa diberi topping buah segar. Mulai dari pisang, alpukat, strawberry, apel atau blueberry. Dijamin lebih padat bernutrisi.

Kalau tak mau roti, coba saja jadikan selai kacang sebagai cocolan. Potongan buah yang coock antara lain apel, pisang, atau pir. Bisa juga mencelupkan biskuit favorit ke selai kacang.

Ditambah Selai Kacang, Roti Panggang dan Smoothies Jadi Lebih Creamy GurihFoto: iStock

Olahan lainnya adalah smoothies yang makin enak ditambahkan selai kacang. Teksturnya jadi lebih creamy dengan rasa gurih enak. Resep yang bisa dicoba adalah campuran pisang, susu kedelai, selai kacang dan es secukupnya. Tinggal diblender, smoothies enak pun siap jadi menu sarapan.

Pada dasarnya, smoothies selai kacang ini bisa dibuat dengan banyak resep. Yang penting memakai campuran susu segar atau yogurt, buah segar atau buah beku, dan es batu sesuai selera.

Baca Juga: Olah Selai Kacang Jadi 4 Bekal Camilan Enak Ini





Tonton juga 'Unik! Ramen Berkuah Kacang Merah dengan Topping Whipped Cream':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)