Kue Tradisional Asia

5 Buah Ini Jadi Pelengkap Favorit Kue Tradisional

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 24 Okt 2018 17:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia
Jakarta - Untuk mendapat rasa manis legit yang enak, kue tradisonal kerap dipadukan dengan beragam buah. Mulai dari mangga hingga nangka.

Manis legit kue tradisional di berbagai negara di Asia tak hanya diperoleh dari bahan utama pembuatannya. Tapi juga dari bahan pelengkapnya. Salah satunya buah-buahan. Berikut 5 buah yang kerap dijadikan bahan pelengkap kue di Asia.

1. Kelapa

5 Buah Ini Sering Jadi Pelengkap Kue TradisionalFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Buah yang satu ini tak hanya dijadikan bahan utama pembuatan kue tradisional di Asia. Tapi daging buahnya juga dijadikan pelengkap bahkan isian beragam kue basah. Di Indonesia sendiri ada banyak kue yang menggunakan santan atau pun kelapa parut.

Kelapa parut dijadikan topping kue pukis, klepon hingga ragam kue tampah. Tapi kelapa parut yang dipakai bentuknya berbeda dengan yang dijadikan santan. Bentuknya lebih memanjang. Selain itu, kelapa parut tak disajikan mentah. Tapi dikukus dan diberi sedikit garam.
2. Mangga

5 Buah Ini Sering Jadi Pelengkap Kue TradisionalFoto: iStock

Salah satu kudapan khas Thailand yang cukup populer memakai buah ini sebagai pelengkapnya. Selain memberi warna, mangga juga membuat rasa manis sedikit asam yang khas.

Sebut saja mango sticky rice yang jadi dessert klasik khas Thailand. Beras ketan yang legit bersaus santan gurih lalu diberi potongan buah mangga. Penambahan rasa manis dari mangga membuat dessert ini disukai banyak orang.
3. Kismis

5 Buah Ini Sering Jadi Pelengkap Kue TradisionalFoto: iStock/detikFood

Meski jarang, ada kue trasdional khas Indonesia yang menjadikan kismis sebagai topping. Kuenya terbuat dari santan, margarin, terigu, gula, telur, vanili dan baking powder. Setelah itu adonan dituang dalam cetakan yang hampir mirip cara bikang. Kemudian dimasak hingga matang. Terakhir diberi topping kismis. Ya, kue lumpur!

Kue lumpur masuk dalam jajanan pasar yang laris manis. Ini karena kue itu memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang tak terlalu manis. Jadi pas dipadu dengan kismis yang manis.

4. Pisang

5 Buah Ini Sering Jadi Pelengkap Kue TradisionalFoto: Istimewa

Sederet kue basah populer di sini berisi buah manis ini. Ini karena pisang mudah ditanam di iklim tropis sehingga Indonesia jadi salah satu negara penghasil pisang.

Kue basah seperti nagasari memiliki isian potongan buah pisang. Begitu pun dengan mata roda. Ternyata kue basah yang rata-rata terbuat dari tepung sagu hingga pati yang dicampur dengan santan sangat pas dipadu dengan rasa manisnya pisang.
5. Nangka

5 Buah Ini Sering Jadi Pelengkap Kue TradisionalFoto: Istimewa

Buah nangka biasa dipadukan dengan pisang di kudapan tradisional beberapa negara Asia. Di Filiphina misalnya, ada kue turon yang mirip dengan piscok di Indonesia. Hanya saja, berisi pisang saba dan nangka yang digoreng hingga kering. Kemudian dipadu dengan gula merah. Sehingga berbentuk mirip seperti pisang cokelat di sini, padahal tak memakai cokelat.

Di Indonesia sendiri nangka lebih sering dijadikan campuran saus gula merah. Ya, saus gula merah yang akan disiram pada kue basah. Tujuannya agar gula merahnya punya aroma yang wangi.
(dwa/odi)
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia