Tingginya Permintaan Durian dari China, Lingkungan Malaysia Terancam Rusak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Okt 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Orang China doyan durian Musang King dari Malaysia. Permintaaan mereka pun sangat tinggi hingga membuat Malaysia perlu siapkan lahan lebih luas.

Business Insider (24/10) melaporkan akibat kenaikkan permintaan durian dari China, Malaysia rela mengosongkan lahan dan membakar dedaunan. Ini dilakukan untuk menyiapkan area khusus perkebunan durian.

Para penduduk di sekitar Fraser's Hill dikabarkan tak senang dengan hal ini. Sebab mereka yang tempat tinggalnya berjarak 8 km dari Raub, melihat aktivitas pembakaran lahan di atas bukit di area Hulu Sempam.

Tingginya Permintaan Durian dari China, Lingkungan Malaysia Terancam RusakFoto: Istimewa
Baca Juga: Musang King, Durian Malaysia Beraroma Paling Kuat Kini Dijual di Inggris

Selain itu, 404 hektar lahan di perbatasan Batu Talam Forest Reserve juga dikosongkan untuk perkebunan durian Musang King. Jumlah ini baru sepertiga dari total rencana lahan pertanian durian seluas 1.213 hektar.

Izin penebangan kabarnya juga sudah diberikan pada lahan lain di dekat area yang sudah disiapkan untuk perkebunan durian itu. Tak ayal hal ini membuat lingkungan Malaysia terkena dampak.

Tingginya Permintaan Durian dari China, Lingkungan Malaysia Terancam RusakFoto: Istimewa
Populasi harimau langka Malaysia terancam, padahal jumlah mereka hanya tinggal 300 di alam bebas. Mengutip The Star, Datuk Mohd Hizamri Mohd Yasin dari Departemen Kehutanan Malaysia membenarkan area tersebut disiapkan untuk perkebunan durian oleh kesatuan pemerintah.

"Proyek di area itu tidak membutuhkan izin dari Departemen Kehutanan. Proyek itu merupakan milik Perbadanan Setiausaha Kerajaan," jelas Datuk Mohd Hizamri. Ia juga mengungkapkan area lain seluas 161,88 hektar di dekatnya sudah mendapat izin penebangan.

Meski begitu, ia menekankan area perkebunan durian itu di luar wilayah hutan yang dilindungi dan di luar area resapan air.

Di sisi lain, penduduk wilayah Raub yang berjarak 2 km dari Kuala Lumpur harus berhadapan dengan masalah macet dan pasokan air bersih. Kota ini memang terkenal akan durian Musang King.

Tingginya Permintaan Durian dari China, Lingkungan Malaysia Terancam RusakFoto: Four Seasons Durians
Permintaan durian yang tinggi membuat pasokan air bersih terhambat bagi beberapa penduduk. Salah seorang mereka mengatakan imbas negatif untuk pasokan air bisa berlangsung hingga dua hari.

Guna mengatasi hal ini, Tengku Zulpuri dari Kementerian Air, Tanah dan Sumber Daya sudah memasok 20 tank air untuk daerah-daerah kritis sebagai upaya sementara. "Solusi total harus datang dari pemerintah setempat," pungkasnya.

Durian Musang King dari Malaysia memang terkenal akan kelezatannya. Daging buahnya tebal dengan rasa manis plus sedikit semburat pahit yang khas. Durian ini dijual lebih mahal dibanding durian lokal Malaysia lainnya.

Baca Juga: Ini Asal Usul dan Ciri Durian Musang King yang Tersohor Lezat Rasanya



Tonton juga 'Durian di Kampung Baru Malaysia':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)