Keren! Sajian Seafood Mewah Ini Terbuat dari Bahan Nabati

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Okt 2018 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seafood termasuk makanan enak yang sulit ditolak. Bagi vegetarian, ada kabar baik karena menu seafood ini terbuat dari bahan nabati.

Seafood tower adalah sajian mewah yang biasa dihidangkan di restoran atau hotel sebagai menu andalan. Biasanya mengandalkan berbagai seafood seperti udang, lobster, cumi dan lainnya. Tapi ada lho tempat yang menawarkan seafood buat vegetarian.

Dilansir dari Food Beast (24/10) di Hollywood restoran Crossroads Kitchen yang menyajikan seafood tower dengan bahan baku nabati. Pemilik ide ini adalah Tal Ronnen dan Scot Jones keduanya adalah pemilik restoran dan chef yang mengerahkan kemampuannya untuk membuat sayuran dan jamur agar memiliki rasa seperti seafood.
Keren! Sajian Seafood Mewah Ini Terbuat dari Bahan NabatiFoto: Istimewa
Baca juga : Unik! Jamur Ini Punya Bentuk, Warna dan Rasa Seperti Lobster
Sejak dibuka pada tahun 2013, restoran ini sudah dikenal sebagai tempat makan yang menyajikan makanan yang dibuat dari bahan nabati. Beberapa menu makanan yang terkenal adalah Crab Cakes dan Artichoke Oyster.

Jones dan Ronnen mengolah jamur dan sayuran menjadi seafood favorit semua orang. Beberapa diantaranya ada calamari, kerang, tiram dan koktail udang. Lalu ada juga mousse salmon, ceviche dan tequila tiram. Hidangan ini tersaji dalam versi hangat dan dingin.

Untuk menghasilkan rasa dari seafood nabati ini, Chef Jones mengatakan menggunakan bahan rahasia yakni kombu. Kombu sendiri adalah rumput laut yang sering digunakan pasa masakan Jepang, rasanya gurih dan aromanya sedap.
Keren! Sajian Seafood Mewah Ini Terbuat dari Bahan NabatiFoto: Istimewa
Chef Ronnen juga mengatakan sebagian besar hewan laut menyantap rumput laut sebagai makanan jadi rasa daging mereka dipengaruhi dengan makanannya. Inilah yang memperkuat anggapan rasa seafood mirip dengan rumput laut.

Selain rumput laut, keduanya juga memanfaatkan jamur shitake untuk membuat calamari dan ceviche. Jamur ini diolah dan dimasak dengan teknik khusus sehingga menghasilkan rasa dan tekstur yang mirip cumi maupun daging ikan.

Sementara untuk membuat koktail udang, digunakan jamur lobster. Jenis jamur ini tumbuh secara liar di hutan. Warna jamur ini oranye kemerahan dan aromanya khas seperti aroma laut.

Kedua chef ini mengatakaan tantangan terbesarnya adalah menghasilkan 'seafood' nabati ini semirip mungkin dengan aslinya. Bagian paling sulit adalah menyamakan tekstur, sementara untuk segi rasa, hampir bisa dibuat sama persis.
Keren! Sajian Seafood Mewah Ini Terbuat dari Bahan NabatiFoto: Istimewa
Baca juga : Terbaru! Ada 'Steak' Vegan yang Terbuat dari Buah Semangka
Menurut Chef Jones, ini adalah tujuan utama Crossroads dalam menciptakan replika seafood berbasis tanaman. Dengan ini Chef Jones berharap akan semakin banyak orang yang peduli pada lingkungan dan perlahan lebih menyukai makanan yang terbuat dari sayuran.

Menu seafood tower ini tersedia di resto ini selama periode musim panen jamur lobster yakni antara Oktober hingga November.





Tonton juga 'Nikmatnya Sajian Ikan Segar Berpadu Bumbu Khusus Makassar':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)