Para Peneliti Sebut Meme Bisa Pengaruhi Kegemukan Remaja

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Okt 2018 13:45 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Para peneliti di Inggris mengatakan kalau meme adalah salah satu penyebab obesitas pada remaja. Bagaimana pengaruhnya?

Dikabarkan This Is Insider (22/10) peneliti dari Universitas Laughborough melaporkan pada Komite Parlemen Inggris bahwa meme seputar makanan disinyalir jadi penyebab kegemukan pada remaja. Ia mengatakan banyak lelucon soal makanan dan gaya hidup sehat yang justru membuat orang enggan berperilaku sehat.

Studi yang dilakukan ini juga mengungkap jika meme yang merebak seolah mengizinkan orang untuk mengejek orang lain yang tampak tak sehat. Para peneliti ini menuntut pada pemerintah untuk bisa melalukan riset lebih lanjut.
Para Peneliti Sebut Meme Bisa Pengaruhi Kegemukan RemajaFoto: Istimewa
Baca juga : Pacar Kamu Suka Makan? Gombalin Saja Pakai 10 Meme Makanan Ini

Lima peneliti di universitas ini menulis surat kepada pemerintah Inggris yang berjudul "MEMEotive - Menganalisis Pengaruh Meme Internet pada Remaja Muda Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Ini adalah peringatan bahwa meme internet menyebabkan risiko negatif pada kesehatan. Secara khusus, mereka menulis, meme yang mengejek "diet dan kebugaran" juga dapat menjadi pemicu merebaknya anggapan "obesitas, pola makan yang buruk namun jadi kebiasaan."

"Dampak potensial meme Internet tampaknya berbahaya, namun bahaya ini disembunyikan dalam gambar dan teks yang menarik," lanjut para peneliti ini.

Sebagai contoh, para peneliti juga menyertakan sebuah gambar meme yang meledek pola makan sehat. Dalam meme ini tertera gambar cokelat dan sabun, lengkap dengan tulisan "Cuci cokelat dengan sabun" meme ini seolah menyindir 'clean eating' atau makan sehat.

Lalu ada juga meme yang menggambarkan beberapa orang dengan badan berotot namun ada juga orang yang tersusun dengan tumpukan pizza, burger dan sosis.
Para Peneliti Sebut Meme Bisa Pengaruhi Kegemukan RemajaFoto: Istimewa
Meme ini bagi sebagian orang memang dianggap lelucon saja namun para peneliti memandangnya sebagai satu hal yang berisi kekeliruan informasi. Meme semacam ini justru membuat orang lebih mengabaikan kesehatannya.

Baca juga : Gagal Diet Lagi! Ini 10 Meme Kamu Saat Diet Ketat

Peneliti juga melakukan tes kecil-kecilan lewat media sosial. Dari dua minggu penggunaan twitter, peneliti menemukan banyak orang memposting ocehan negatif seputar candaan kegemukan.

Jika nantinya meme terbukti memberikan dampak negatif pada kesehatan, mungkin saja pemerintah Inggris melarang beredarnya meme di internet. Hal ini sebelumnya sudah lebih dulu dilakukan di Eropa. Parlemen Eropa baru saja mengesahkan undang-undang hak cipta yang melarang penggunaan dan penyebaran meme secara bebas.




Tonton juga 'Tips Cegah Obesitas Pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)