Kue Tradisional Asia

Yuk Bikin 'Tub Tim Grob,' Es Delima yang Legit dari Thailand!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 21 Okt 2018 13:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia
Jakarta - Bukan cuma kue, Thailand punya dessert enak berupa es legit. Namanya Tub Tim Grob dengan paduan biji delima dan nangka!

Tub Tim Grob atau thapthim krop adalah es populer asal Thailand. Tampilannya cantik berwarna merah terang dengan kuah santan dan topping nangka.

Kata 'Tub Tim' sendiri punya arti delima dalam bahasa Thailand, sementara 'Grob' berarti renyah. Sesuai namanya, es ini menggunakan delima renyah sebagai bahan utamanya.

Yuk Bikin 'Tub Tim Grob,' Es Delima yang Legit dari Thailand!Bahan utama membuat es delima gaya Thailand (Foto: dok. detikFood)

Delima yang dipakai bukanlah biji buah delima sungguhan. Biasanya 'biji delima' dibuat dari potongan water chestnut yang diberi pewarna makanan merah. Tetapi bisa juga dibuat dari potongan bengkuang.

Nah, kalau mau bikin sendiri Tub Tim Grob di rumah, caranya sangat mudah. Cukup siapkan bahan-bahan dibawah ini:

Saus santan:
1. 500 ml santan segar yang kentalnya sedang
2. 1 lembar daun pandan, ikat
3. 1/4 sdt garam

Yuk Bikin 'Tub Tim Grob,' Es Delima yang Legit dari Thailand!Bengkuang yang sudah diberi pewarna merah (Foto: dok. detikFood)

Biji delima:
1. 250 gram bengkuang, potong dadu 1/2 cm lalu beri pewarna makanan merah
2. 250 gram tepung kanji

Pelengkap:
1. 200 ml sirup gula
2. 2 sdm nangka, iris atau cincang kasar
3. Es batu secukupnya.

Pertama, buat saus santan dengan merebus santan dalam panci. Tambahkan daun pandan dan sedikit garam, lalu masak dengan panas sedang hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.

Untuk membuat delima, taruh potongan bengkuang dalam mangkuk. Tetesi pewarna merah secukupnya lalu aduk hingga warna merahnya merata.

Yuk Bikin 'Tub Tim Grob,' Es Delima yang Legit dari Thailand!Setelah diberi pewarna, bengkuang dibalut tepung kanji lalu direbus (Foto: dok. detikFood)

Selanjutnya gulingkan potongan bengkuang dalam mangkuk atau piring berisi tepung kanji. Gulingkan hingga terbalut rata.

Setelah itu, rebus bengkuang berbalut tepung hingga mengapung dan bening lalu tiriskan. Bisa juga memasukkannya ke dalam wadah isi air es hingga dingin lalu ditiriskan.


Resep Minuman khas Thailand Tub Tim Grob, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Untuk penyajian, tuangi sirup gula di gelas saji. Masukkan delima secukupnya, taruh es batu, kemudian tuangi saus santan.

Terakhir beri garnish potongan nangka yang manis legit. Tub tim grob pun siap dinikmati dingin-dingin. Slurpp!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia