Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak Dibeli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Okt 2018 17:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski sudah tiada, cerita mendiang Anthony Bourdain terus dikenang. Termasuk pendapatnya soal bahan makanan yang tak layak dibeli.

Anthony Bourdain sudah keliling dunia untuk menjajal berbagai makanan. Dari pengalamannya ini ia menemukan bahan-bahan makanan yang menurutnya tak layak dibeli, apalagi kalau harganya mahal. Berikut faktanya seperti diungkap The Travel (20/10)

Minyak truffle
Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak DibeliFoto: Istimewa
Truffle dikenal sebagai jamur berharga selangit. Orang-orang pun selalu memburu truffle termasuk olahannya. Salah satu yang terpopuler adalah minyak truffle. Minyak ini bisa ditambahkan ke makanan untuk menghasilkan aroma truffle yang gurih khas.

Dalam wawancara tahun 2016 bersama First We Feast, Tony melontarkan pendapatnya soal truffle. "Itu bukanlah makanan, minyak ini tidak ada kaitannya dengan truffle. Tidak ada truffle di dalamnya," ujar Tony. Ia bahkan bilang minyak truffle adalah sampah industri.

Chicken caesar salad
Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak DibeliFoto: Istock
Chicken caesar salad adalah salad klasik yang jadi menu favorit di banyak kafe atau restoran. Diracik dari cos lettuce dengan saus gurih wangi dan taburan crouton renyah.

Meski banyak orang menyukainya, tapi tidak dengan Tony. Ia mengatakan, "Tuhan tidak ingin Anda menaruh ayam di salad Caesar." Selain itu, ia pernah mendapati ayam terlalu matang yang jadi topping salad. Menurutnya ayam tersebut ditaruh karena pihak restoran tahu itu akan terjual.

Steak well-done
Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak DibeliFoto: Istock
Tiap orang punya preferensi tingkat kematangan steak yang disuka. Meski chef menyarankan untuk tidak memanggang daging hingga matang, banyak orang masih menyukai steak matang atau well-done.

Hal ini pun tidak disukai Tony. Ia mengatakan saat ada seseorang pesan steak well-done dan memakannya pakai says tomat, itu menyakitkannya. "Siapa pun yang pilihannya berbeda akan suatu makanan menyebabkan masalah untuk saya," ujar Tony.

Kentang dalam English Breakfast
Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak DibeliFoto: Istock
Sarapan dengan menu lengkap hadir dalam seporsi English Breakfast. Sudah pasti mengenyangkan karena biasanya ada roti panggang, baked beans, sosis hingga telur. Namun ada beberapa orang yang menyertakan kentang.

Atas hal ini, Tony tidak setuju. "Saya hampir tidak menganjurkan untuk hidup sehat, tetapi bagi saya tumpukan roti panggang mentega itu enak, bacon enak, sosis enak, telur enak. Apakah kita perlu menambahkan kentang juga? Saya tidak yakin kita melakukannya," kata Tony.

Brioche burger
Anthony Bourdain Pernah Ungkap 5 Makanan yang Tak Layak DibeliFoto: Istimewa/ Costanzo's Bakery
Banyak restoran kini beralih mengganti bun burger mereka dengan brioche yang dianggap lebih lembut dan enak. Roti Prancis ini tinggi kandungan telur dan mentega.

Mengenai pemakaiannya untuk bun burger, Tony punya pendapat. "Bun hamburger dirancang untuk menyerap minyak, bukan menambahkan minyak. Bun hamburger yang bagus harus mempertahankan bentuknya, memainkan perannya sebagai kendaraan pengirim patty daging hingga gigitan terakhir. Sementara bun brioche tidak cocok untuk peran ini," pungkasnya. (dvs/odi)