Pisang Kepok Panggang, Camilan Pisang Tren Baru dari Surabaya

Diana Ayu Novianti - detikFood Sabtu, 20 Okt 2018 09:10 WIB
Foto: detikFood
Surabaya - Olahan pisang selalu disukai banyak orang. Mulai dari hanya digoreng hingga disajikan sebagai pisang nugget. Kini pisangpun dipanggang.

Pisang yang dipakai adalah jenis pisang kepok, maka pisang kepok panggang ini diberi nama 'Kepok Ame Ame'. Penciptanya, Dian Ari Wehjayanti (28) mengaku menemukan resep ini secara tak disengaja.

"Iseng aja, kebetulan ada pisang di rumah, bosen sih kalau digoreng, kebetulan lagi baking kue. Coba aja sekalian pisangnya di-baking dalam oven. Kok ternyata enak. Ya jadilah bisnis pisang oven," cerita Dian saat ditemui detikcom di kedainya, Jumat (19/10/2018).
Pisang Kepok Panggang, Camilan Pisang Tren Baru dari SurabayaFoto: detikFood
Agar lebih menarik, Dian pun menambahkan bahan-bahan pembuat kue dan berbagai varian topping di atas pisang yang dioven tersebut.

"Topping yang disediakan oleh Kepok Ame Ame ada berbagai macam. Ada varian oven, goreng, karamel, dan setelah ini akan ada satu varian baru lagi yang akan launching dalam waktu dekat," ungkap Dian.

Namun untuk variasi rasa dan topping dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pembeli.
Pisang Kepok Panggang, Camilan Pisang Tren Baru dari SurabayaFoto: detikFood
"Di sini menu best sellernya oven tiramisu almond extra mozarella," tandas Dian.

Untuk harga, Dian hanya mematok Rp 12.000 untuk satu porsi Kepok Ame Ame rasa original dengan taburan full keju. Namun untuk rasa lain seperti cokelat dan tiramisu, harganya dipatok mulai Rp 14.000.

Dian juga mempermudah pelanggan untuk menjangkau camilan buatannya dengan membuka layanan pesan online lewat WhatsApp.

"Selain makan di outlet, via WA atau bisa dibeli di aplikasi Gojek dan Grab," ujarnya.
Pisang Kepok Panggang, Camilan Pisang Tren Baru dari SurabayaFoto: detikFood

Meski baru dibuka pada bulan Oktober tahun lalu, Dian mengaku kini telah memiliki tiga cabang yang kesemuanya berada di Kota Malang.

"Omzet per hari perhari di kedai Kepok Ame Ame per outletnya kalau ramai bisa mencapai Rp 800.000/hari dengan jam operasional kurang lebih 5 jam," paparnya.

Pelanggan Dian pun tak terbatas dari Surabaya saja, melainkan mereka yang berasal dari luar kota. Bahkan Dian mengaku ada pelanggan yang jauh-jauh datang dari Malaysia hanya untuk menyantap Kepok Ame Ame.

Salah satu pengunjung kedai Kepok Ame Ame di Jalan Ketintang Barat nomor 45 Surabaya, Ayu mengaku pisang olahan yang satu ini memang 'nagih'.
Pisang Kepok Panggang, Camilan Pisang Tren Baru dari SurabayaFoto: detikFood

"Rasanya memang lezat dan bikin ketagihan. Lumer banget kejunya dan belum pernah menemukan olahan pisang seperti ini. Harganya pun murah. Lokasinya juga terjangkau jika ingin membelinya lagi," tuturnya.

Pengunjung yang lain, Arni mengaku sudah beberapa kali membeli dan memiliki topping favorit.
"Di sini favorit saya rasa tiramisu, dan saya juga suka pisang goreng yang dijual di kedai ini," ungkapnya.

(dvs/odi)