Atasi Kasus Stroberi Berjarum, Pembuat Bir di Australia Ciptakan Bir Stroberi

Riska Fitria - detikFood Kamis, 18 Okt 2018 18:52 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kasus stroberi berisi jarum, membuat produsen bir di Australia mencari solusi. Mereka mengolah stroberi menjadi bir, guna membantu petani stroberi dalam mengatasi kasus tersebut.

Masih ingat dengan temuan jarum pada buah stroberi di Australia? Kini kasus tersebut berimbas pada kesejahteraan petani stroberi di sana. Semenjak ditemukannya jarum tersebut membuat masyarakat menjadi resah sehingga tidak lagi mengonsumsi stroberi. Alhasil stroberi menjadi menumpuk tak terjual.

Atasi Kasus Stroberi Berjarum, Pembuat Bir di Australia Ciptakan Bir StroberiFoto: Australia plus ABC
Dilansir dari 9news.com (29/09) produsen bir di Australia Brew U berinisatif untuk mengolah panen stroberi menjadi bir. Insiatif itu diakui sebagai wujud dukungan kepada petani stroberi di Australia yang dirugikan. Hal tersebut disampaikan oleh Lisa Allen selaku pemilik Brew U.

"Kami terbiasa menggunakan buah dalam bir, jadi saat kami mendengar petani stroberi terkena masalah kontaminasi ini, akhirnya kami memilih stroberi tersebut untuk melengkapi rasa bir kami" ujar nya.

Baca juga : stroberi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Faktanya

Tak tanggung-tanggung produsen bir tersebut membeli sekitar 12 baki buah stroberi untuk diolah menjadi bir. Sudah ada varian bir dari starberry tersebut, seperti Strawberry Weisse, S trawberry Wheat Beer, Strawberry & Sea Salt Gose , Strawberry Saison, dan Strawberry Blonde Ale.

Atasi Kasus Stroberi Berjarum, Pembuat Bir di Australia Ciptakan Bir StroberiFoto: Istimewa
Hal serupa juga dilakukan oleh Ben Joseph, produsen bir yang berada di Australia Barat. Menurutnya selain mendukung petani stroberi, penggunaan stroberi pada birnya bisa mengurangi limbah makanan yang disebabkan oleh krisis kontaminasi.

Adanya krisis kontaminasi pada stroberi ini dirasa bisa memberikan dampak buruk bagi industri dan petani itu sendiri. Karenanya, peluang itu diambil oleh Joseph untuk membantu mereka dengan menggunakan buah tersebut untuk sajian birnya.

Berbeda dengan Lisa, Joseph membeli stroberi sebanyak 60.000 keranjang seberat 1.5 ton. stroberi bermerk Mal's Black Label yang ditemukan Gingin, Utara Perth.

Atasi Kasus Stroberi Berjarum, Pembuat Bir di Australia Ciptakan Bir StroberiFoto: Istimewa
Meski insiden kontaminasi tersebut sangat mengecewakan, tetapi kini menjadi simbiosis mutualisme bagi petani stroberi dan pembuat bir.

"Senang melihat komunitas mendukungnya, memanfaatkan situasi yang mengerikan, orang-orang berkumpul bersama untuk mendukung dan membantu," ujar Joseph.

Sekarang bir stroberi juga diterapkan di Mittagong, Sydney sela tan di New South Wales . Mereka menciptakan Strawberry Sour dengan menggunakan 200 kg stroberi yang ditanam di Queensland. Bukan hanya dijadikan bir, stroberi tersebut juga dioleh oleh koki menjadi olahan selai yang manis sebagai bentuk solidaritas kepada petani stroberi.

Mengenai pihak yang tidak bertanggung jawab yang memasukkan jarum ke dalam stroberi masih diusut oleh pihak terkait. Bahkan pemerintah Queensland akan memberikan hadiah beruba uang sejumlah Rp. 15 miliar bagi siapapun yang membantu pengusutan.

Baca juga : Setelah Stroberi, Kini Ada Temuan Jarum di Pisang dan Mangga Australia


(dwa/odi)