Curiga Karyawan Kencing di Mesin Pabrik, Perusahaan Ini Buang 22.680 Kg Produk

Riska Fitria - detikFood Kamis, 18 Okt 2018 17:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pabrik makanan, Smithfield Foods membuang produknya sebanyak 22.680 kg. Ini karena seorang karyawan prianya kepergok kencing di mesin produksi pabrik.

Smithfield Foods adalah merupakan perusahaan makanan terkenal yang berbasis pada pengelolaan daging. Perusahaan tersebut telah didirikan sejak tahun 1936 oleh Joseph W. Luter dan putranya di Smithfield, Virginia.

Namun, kini citranya harus tercoreng lantaran salah satu karyawan pria diketahui buang air kecil di mesin produksi pabrik. Ulah karyawan tersebut tertangkap melalui video pengawas CCTV yang terpasang di sekitar pabrik. Video tersebut banyak diberitakan dan menjadi viral.
Curiga Karyawan Kencing di Mesin Pabrik, Perusahaan Ini Buang 22.680 Kg ProdukFoto: iStock
Baca juga : Resto Ini Ditutup Lantaran Ada Rusa Mati di Dalam Freezer

Dalam video CCTV tersebut, terlihat jelas karyawan yang mengenakan topi, masker wajah, jaket putih, dan sarung tangan sedang mengatur produk pada mesin yang berjalan. Kemudian, karyawan tersebut tampak melepas sarung tangannya, lalu membuka ritsleting celananya dan bersandar ke depan layaknya orang buang air kecil di toilet. Setelah selesai, dia memakai sarung tangannya lagi, dan kembali bekerja.

Dari kejadian tersebut perusahaan menanggung rugi, dengan membuat produknya sebanyak 22.680 kg. Dilansir dari beberapa sumber, pihak perusahaan mengatakan sedang menginvestigasi kejadian memalukan ini. Bahkan mereka rela membuat produk-produknya yang mungkin sudah terkontaminasi dengan air urin karyawan tersebut.
Curiga Karyawan Kencing di Mesin Pabrik, Perusahaan Ini Buang 22.680 Kg ProdukFoto: Istimewa
"Sesuai dengan standar keamanan dan kualitas mamakan Smithfield, lebih dari 22.680 kg produk kami dibuang setelah penyelidikan internal awal yang mengungkap seorang karyawan diduga mengencingi mesin pabrik selama proses produksi" ujar Lisa Martin, pengurus perusahan.

Supaya kualitas produk kembali seperti semula, perusahaan mengerahkan seluruh karyawannya untuk membersihkan pabrik, mulai dari peralatan hingga mesin-mesinnya secara menyeluruh,. Mengingat hal tersebut sudah menjadi misi dari perusahaan untuk menyediakan makanan enak dan berkualitas.
Curiga Karyawan Kencing di Mesin Pabrik, Perusahaan Ini Buang 22.680 Kg ProdukFoto: Istimewa

"Tanggapan langsung dan tindakan korektif fasilitas dan karyawannya terhadap insiden yang terisolasi ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk memastikan keamanan dan kualitas produknya. Keamanan dan kualitas makanan kami merupakan hal mendasar bagi kesuksesan kami sebagai perusahaan" tambah Lisa.

Baca juga : Restoran Ini Digugat Karena Diduga Sajikan Makanan Mengandung Serangga Berbahaya


(sob/odi)