Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Riska Fitria - detikFood Senin, 15 Okt 2018 17:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Seiring bertambahnya usia, daya ingat akan menurun. Namun, pada usia produktif banyak orang sulit fokus dan sering lupa. Karenanya perlu mengasup makanan bernutrisi untuk otak.

Di usia tua biasanya rentan terkena risiko Alzheimer atau penyakit yang menyerang pada daya ingat seseorang. Supaya itu tidak terjadi, ada baiknya rutin mengonsumsi makanan yang seimbang. Di kutip dari The Guardian (13/10) jika rutin mengkonsumsi 5 makanan sehat ini akan terhindar dari penyakit yang menyerang daya ingat. Termasuk sulit konsentrasi dan sering lupa.

Baca juga : 4 Paduan Makanan Yang Bisa Bikin Otak Makin Pintar!

1. Ikan Berlemak
Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock
Otak sangat membutuhkan asupan lemak omega-3, kolin untuk menguatkan memori, dan vitamin B6, B12 untuk mendukung sistem saraf. Asupan tersebut bisa didapatkan dengan konsumsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan teri. Selain itu, ikan berlemak juga kaya akan zat besi, protein dan magnesium yang baik untuk sirkulasi darah.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan konsumsi ikan sekali seminggu bisa menurunkan risiko Alzheimer di usia tua hingga 70%. Dari semua nutrisi yang ada pada ikan, kandugan omega-3 lah yang sangat protektif terhadap demensia. Jika Anda alergi dengan seafood, Anda bisa konsumssi flaxseed, minyak zaitun, almond alpukat dan makanan nabati lainnya.

2. Sayuran Hijau
Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock
Sayuran hijau memang dikenal sangat berkhasiat. Selain bisa menyehatkan mata, konsumsi sayuran hijau juga bisa menurunkan risiko demensia. Sayuran hijau banyak mengandung viamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya yang berperan melawan penyakit pada sistem saraf. Hal itu sudah dibenarkan oleh sebuah studi yang telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi satu atau dua pors sayuran setiap hari akan berkurang masalah memori dan penurunan kognitif dari pada orang yang jarang makan sayuran.

Sayuran hijau yang bisa Anda masukan ke dalam menu sehari-hari Anda adalah bayam,sawi, brokoli ataupun jenis lainnya. Mengolahnya menjadi sajian salad merupakan ide yang baik untuk menu sarapan. Selain praktis, makan salad setiap hari juga bisa membuat otak 11 tahun lebih muda.

3. Buah Berry
Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock
Otak juga memerlukan asupan antioksidan untuk membantu menjaga memori tetap tajam seiring bertembahnya usia. Supaya daya ingat tetap terjaga, disarankan untuk rutin mengonsumsi buah berry, seperti blackberry, blueberry, strawberry, raspberry, atau jenih buah ceri lainnya seperti jogi berry dan mulberry. Selain kaya akan antioksidan, buah berry juga merupakan sumber serat dan glukosa yang baik, sehingga bisa mejadi energi utama untuk otak.

Kandungan protein yang ada pada buah ini bisa sebagai makanan detoksifikasi otak yang alami. Meskipun rasanya manis, tetapi tidak akan membuat diabetes, karena buah berry dilengkapi dengan indesk glikemik rendah sehingga bisa membantu mengatur kadar gula. Olah buah berry menjadi smoothies untuk menu sarapan. Dengan begitu akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehinga kinerja otak menjadi lebik aktif.

4. Minyak Sayur Extra Virgin
Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock
Minyak sayur extra virgin terutama minyak zaitun dan minyak flaxseed merupakan obat yang ampuh untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Minyak sayur tersebut dipenuhi dengan nutrisi anti penuaan, seperti omega-3 dan vitamin E. Minyak zaitun juga kaya lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak yang baik untuk jantung. Apa yang baik untuk jantung, juga baik untuk otak. Fakta tentang minyak sayur tersebut telah diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer. Anda bisa menggunakan minyak sayur ini pada sajian menu masakan Anda atau sebagai dressing untuk salad.

5. Karbohidrat kompleks
Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Saatnya Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock
Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan melalui gandum utuh, polong-polongan dan ubi jalar. Makanan tersebut kaya nutrisi pendukung otak dari protein ke vitamin B, antioksidan dan mineral. Juga merupakan sumber glukosa yang baik yang dikombinasikan dengan kandungan serat yang tinggi untuk menstabilkan kadar gula darah.

Semakin banyak serat, semakin rendah efek makanan terhadap insulin. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan ini akan alami peningkatan metabolisme sehingga mendukung pencernaan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebala tubuh juga.

Baca juga : 5 Pedoman Asupan Makanan yang Bisa Lindungi Otak dari Kerusakan (dvs/odi)