Ini Dia 5 Wilayah Jawa Tengah yang Hasilkan Petai Renyah Enak

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 15 Okt 2018 15:35 WIB
Janji Sandiaga Uno kepada pedagang pasar Subang/Foto: Dian Firmansyah Janji Sandiaga Uno kepada pedagang pasar Subang/Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Jawa Tengah jadi penghasil petai terbanyak di Indonesia. Berikut 5 wilayah penghasil petai enak yang ada di Jawa Tengah.

Sayuran yang tumbuh di wilayah tropis ini punya banyak penggemar. Ini karena rasa serta aromanya yang khas. Selain itu, petai mengandung banyak vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B2, zat besi, dan antioksidan. Beberapa bahkan menyebut konsumsi petai bisa kurangi risiko kematian akibat stroke hingga menertalkan asam lambung.

Indonesia sendiri jadi salah satu negara penghasil petai. Wilayah Jawa Tengah jadi penghasil petai terbanyak. Dilaporkan beritatagar (31/10), petai yang ada dipasaran sebesar 27.86%nya berasal dari Jawa Tengah, 25.22% dari Jawa Barat, dan 23.75%nya berasal dari Jawa Timur. Sisanya dari berbagai wilayah lain seperti Lampung hingga Banten.

Tak heran kalau banyak wilayah di Jawa Tengah yang memproduksi petai dalam jumlah banyak. Seperti di 5 wilayah ini.

1. Kebumen

Ini Dia 5 Wilayah Jawa Tengah yang Hasilkan Petai Renyah EnakFoto: Dikhy Sasra
Ada satu desa di Kebumen yang dikenal sebagai penghasil petai. Letaknya di wilayah Kebumen Tengah. Tepatnya di desa Wadasmalang kecamatan Karangsambung. Dilansir Berita Kebumen, produksi petai di desa ini sangatlah melimpah. Salah seorang petani di sana mengungkap bahwa produksi dari pohon petai ukuran besar bisa mencapai 300 ikat. Satu ikatnya sendiri terdiri dari 10 papan petai.

2. Wonogiri

Ini Dia 5 Wilayah Jawa Tengah yang Hasilkan Petai Renyah EnakFoto: Tri Ispranoto
Wilayah yang satu ini juga jadi penghasil petai yang dikenal dengan rasa yang khas. Kabarnya petai Wonogiri punya rasa yang sedikit manis. Karenanya, banyak orang yang melahapnya langsung atau menggorengnya sebentar dan diberi taburan garam.

Baca juga: Petai Ternyata Kaya Akan Antioksidan dan Mampu Kendalikan Gula Darah

3. Boyolali

Banyak petai dari Boyolali yang dijual di Jakarta dan Tangerang. Salah satu wilayah penghasil petainya ada di Kecamatan Musuk, Boyolali. Kabarnya, Kecamatan Musuk jadi daerah penghasil petai terbanyak di Jawa Tengah. Salah satu petani petai menyebut bahwa wilayah itu bisa menghasilkan sebanyak 2.500 petai/pohon seperti dilaporkan Semarang Pos (23/11).

4. Batang

Ini Dia 5 Wilayah Jawa Tengah yang Hasilkan Petai Renyah EnakFoto: Getty Images
Ada satu pasar yang terkenal akan transaksi petainya di wilayah Batang. Letaknya di kecamatan Bandar, sehingga pasar yang dimaksud bernama Pasar Bandar. Jika sedang panen petai, pasar ini ramai diserbu oleh banyak orang. Kabarnya, pemasaran petai di wilayah ini sampai ke Jakarta, Sumatera hingga negeri tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Petai yang ada di wilayah ini juga dikenal akan biji petai yang besar dan rasa yang manis lapor mBatang.

5. Banyumas

Ini Dia 5 Wilayah Jawa Tengah yang Hasilkan Petai Renyah EnakFoto: Presiden Jokowi di Pasar Manis Purwokerto I (Rusman/Setpres)
Tak hanya dikenal dengan kelezatan Mendoannya, Banyumas juga punya petai yang enak. Wilayah ini juga jadi salah satu penghasil petai terbanyak di Jawa Tengah. Sebanyak 2.500 hektar wilayah di Gunung Slamet Banyumas ditanami petai gunung oleh Perhutani Banyumas Timur Jawa Tengah tahun 2010 lalu. Warga Banyumas sendiri dikenal sangat menyukai petai. Saat musim panen petai tiba, masyarakat berbondong-bondong membeli sayuran itu. Presiden Joko Widodo saja membeli petai saat meresmikan Pasar Manis Purwokerti I di Banyumas tahun lalu.

Baca juga: Simpan Petai dengan Cara Ini Agar Tetap Segar dan Renyah





Tonton juga 'Bikin Mupeng Euy Lihat DJ Butterfly Asyik Makan':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)