Ini Rawon Kalkulator yang Potongan Dagingnya Besar dan 'Mlekoh' Rasanya

Diana Ayu Novianti - detikFood Senin, 15 Okt 2018 10:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Surabaya - Bagi pemburu kuliner, Rawon Kalkulator bisa jadi pilihan utama bagi warga maupun pengunjung Kota Surabaya. Penasaran dengan rawon atau kalkulatornya?

Warungnya sederhana. Hanya saja letaknya di tengah-tengah salah satu ikon Surabaya, yaitu Sentra PKL Taman Bungkul. Tak heran bila warung ini selalu ramai pengunjung.

Keunikan dari warung ini memang dapat dilihat dari namanya. Menurut salah satu pramusaji di Rawon Kalkulator, Suladi, nama ini memang didapat dari ketangkasan para pramusaji saat menghitung total biaya makan para pengunjung. Dilakukan cepat namun tanpa alat hitung. Cepatnya bak kalkulator.

Ini Rawon Kalkulator yang Potongan Dagingnya Besar dan 'Mlekoh' RasanyaFoto: dok. detikFood

Namun Suladi memastikan, mereka punya nilai lebih dibandingkan rawon lain di Jawa Timur.

"Rasa Rawon Kalkulator nggak beda jauh dari nasi rawon lainnya di Jawa Timur. Yang membedakan mungkin kualitas daging sapi dan ukuran potongan daging. Harus diakui kalau potongan daging Rawon Kalkulator berukuran besar," tandasnya saat berbincang dengan detikcom, Rabu (10/10/2018).

Suladi menambahkan, dalam seporsi rawon yang disajikan di warungnya, terdapat 5-6 potong daging sapi yang empuk. "Nasi juga banyak jadi tentu mengenyangkan," imbuhnya.

Untuk urusan kualitas, Suladi juga menjamin para pengunjung telah membuktikannya. Sebab tak banyak yang tahu jika warung ini sebenarnya sudah buka sejak puluhan tahun lalu. Bahkan usianya saat ini mencapai 36 tahun.

Ini Rawon Kalkulator yang Potongan Dagingnya Besar dan 'Mlekoh' RasanyaFoto: dok. detikFood

"Warung Sedap Malam ini sudah berdiri sejak 1975 silam. Pemiliknya bernama Pak Ajib dan dia generasi ke-4," terangnya singkat.

Tua-muda pun memenuhi warung ini hanya demi menyantap rawon. Salah satu pengunjung bernama Bella (23) mengaku cita rasa rawon di warung ini lain dari yang lain.

"Aku sih sudah makan 4 kali di sini. Buat aku cita rasanya benar-benar beda dari rawon yang biasanya aku makan. Kayak ada resep rahasia turun-temurun gitu yang buat rawon ini enak banget. Nggak cuma itu, cara ngitungnya juga unik, ngitungnya cepat nyaris nggak ada yang salah lho," ujarnya.

Ini Rawon Kalkulator yang Potongan Dagingnya Besar dan 'Mlekoh' RasanyaFoto: dok. detikFood

"Buka cabang ya supaya bisa dirasakan masyarakat yang lokasinya jauh dari Taman Bungkul," harapnya.

Penasaran? Agar bisa menikmati seporsi Rawon Kalkulator, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000, belum termasuk minum. Warung ini juga buka hampir sepanjang hari, yaitu mulai dari pukul 11.00-03.00 dini hari.






Tonton juga 'Obati Kangen Rawon dan Bebek Songkem Khas Surabaya di Sini':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)