Slurpp! Segar Unik 'Craft Cola,' Minuman Cola yang Diracik Khusus

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 14 Okt 2018 11:00 WIB
Foto: Soranews24 Foto: Soranews24
Jakarta - Minuman bersoda, Cola biasanya diproduksi massal. Namun gerai ini menjual Craft Cola yang diracik khusus secara personal.

Menyebut Cola mungkin Anda terbayang produk minuman soda keluaran perusahaan ternama seperti Coca Cola atau Pepsi. Faktanya minuman bersoda ini bisa dibuat personal dengan keterampilan khusus atau disebut craft.

Craft Cola bisa dicicip di Iyoshi Cola, Tokyo, Jepang. Gerai minuman ini berlokasi di dalam farmer's market depan gedung United Nations University.

Slurpp! Segar Unik 'Craft Cola,' Minuman Cola yang Diracik KhususFoto: Soranews24
Satu kantung Craft Cola dibanderol 500 yen atau sekitar Rp 67.600. Dikutip dari Sora News 24 (14/10), bahan pelengkap Craft Cola unik yaitu jeruk yuzu, kacang kola, dan rempah-rempah.

Bahan-bahan tersebut diracik dalam sebuah mesin yang mengeluarkan suara "whoosh" saat digunakan. Para pegawai Iyoshi Cola kemudian meracik satu per satu Craft Cola dengan mengaplikasikan teknik modern dan kuno sekaligus.

Baca Juga: Coca-Cola Luncurkan Minuman Soda Beku Pertama di Jepang

Dikemas dalam kantung plastik bening, tampilan Craft Cola lebih mirip saus gurih dengan warna bening kecokelatan. Tak seperti minuman Cola massal yang warnanya menyerupai hitam pekat.

Slurpp! Segar Unik 'Craft Cola,' Minuman Cola yang Diracik KhususFoto: Soranews24
Pendiri Iyoshi Cola, Cola Kabayashi mengingatkan agar Craft Cola selalu diaduk saat bagian bawahnya terlalu gelap. Saat dicicip, rasa Craft Cola dikabarkan sangat kompleks namun enak dengan jejak rasa pedas.

Dibanding minuman Cola buatan perusahaan ternama, Iyoshi Cola punya kedalaman dan kekayaan rasa yang sulit digambarkan lewat deskripsi kata, ujar reporter yang mencicipnya.

Sosok pendiri Iyoshi Cola, Cola Kabayashi adalah seorang pencinta berat Cola yang sudah berkeliling dunia untuk mencari jenis dan rasa baru minuman favoritnya.

Kakek Kobayashi merupakan pengusaha obat holistik China yang memiliki pabrik Iyoshi Yakko. Dari sinilah, Kobayashi mempelajari teknik modern dan kuno untuk membuat Craft Cola.

Slurpp! Segar Unik 'Craft Cola,' Minuman Cola yang Diracik KhususFoto: Soranews24
Mengenai mesin peracik Cola yang mengeluarkan suara desis kencang, ternyata mesin ini memproses air karbonasi biasa yang dicampur racikan Cola atau Cola base.

Dikutip dari Chemistry LibreTexts, bahan utama Cola base adalah asam fosfor yang memberi rasa asam spesifik pada Cola. Asam fosfor lalu dicampur kafein yang berasal dari kacang kola, gula, air dan perasa seperti minyak jeruk, kayu manis hingga vanilla.

Hingga kini Kobayashi mengaku masih terus menyesuaikan dan meningkatkan cita rasa Craft Cola buatannya. Sehingga cita rasa Craft Cola mungkin berubah-ubah.

Sebelum Craft Cola, Craft Beer sudah lebih dulu populer. Bir tidak dibuat massal melainkan diracik dari bahan alami oleh pembuat bir yang kreatifitasnya tinggi.

Craft Beer diracik di Craft brewery oleh orang-orang yang memiliki keahlian khusus. Bahan utama bir seperti barley, wheat, oats atau hops dicampur air lalu difermentasi hingga menjadi bir siap minum.

Baca Juga: Stark Craft Beer, Craft Beer Pertama di Indonesia dengan 6 Varian Rasa Unik (dwa/odi)