Selalu Belajar dan Mengasah Keterampilan, Rahasia Revo Jago Memasak

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 15:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bakat anak memang bisa dilihat sejak masih kecil, termasuk kesukaan pada dunia kuliner. Sebagai koki muda, Chef Revo membagikan tips buat anak yang suka masak.

Ditemui detikFood di Jakarta baru-baru ini, Revo yang jebolan Junior MasterChef Indonesia 2014 ini membagikan pengalamannya yang sudah menyukai dunia masak sejak masih kecil. Berawal dari kesukaannya makan, lantas membuat ia mulai mencoba memasak dan lanjut menjadi sebuah passion yang menjanjikan.

"Aku awalnya suka makan, dari suka makan itu penasaran pengen coba bisa masak," kata Revo membuka perbincangan.
Selalu Belajar dan Mengasah Ketrampilan, Rahasia Revo Jago MemasakFoto: Instagram
Baca juga : Ayam Bisa Juga Dipanggang Dalam Wajan, Ini Caranya Menurut Chef Revo

Revo mengaku dirinya sudah mulai belajar masak sejak usianya 8 tahun. Kini di usia menginjak 16 tahun, ia sudah mahir mengolah berbagai macam masakan layaknya chef profesional. Bermodal coba-coba, Revo kini bisa belajar banyak teknik memasak.

Revo sendiri tertarik pada dunia kuliner karena sering menyaksikan acara demo masak di televisi. "Jujur mama ku nggak suka masak, tapi suka makan kaya aku. Aku pengen bisa jadi chef karena sering nonton acara televisi."

Baginya semua anak yang menunjukkan bakat memasak sejak kecil harusnya mendapat dukungan dari keluarga termasuk orang tuanya. "Aku main api kok, megang pisau tapi kan tahu fungsinya. Mungkin awalnya anak-anak butuh pendampingan," lanjutnya.

Meskipun masih berusia sangat muda, tapi Revo sudah bisa mengolah banyak masakan terutama masakan western. Menurutnya makanan barat menggunakan bahan yang simpel namun teknik masaknya beragam, beda dengan masakan Indonesia yang menggunakan banyak racikan bumbu dan lebih berani.

Revo yang bercita-cita meneruskan sekolah ke Le Cordon Bleu New Zealand ini mengatakan kalau masak adalah sesuatu yang menyenangkan. Kalau anak-anak suka masak sejak kecil harusnya diarahkan untuk ikut kelas memasak supaya bakatnya terasah.

Selain sibuk sekolah, kini Revo juga mengisi kegiatan dengan menjadi private chef dan demo masak di berbagai acara. "Sekarang masih terus mematangkan teknik masak supaya nanti pas sudah masuk Le Cordon Bleu sudah lebih paham," lanjutnya.
Selalu Belajar dan Mengasah Ketrampilan, Rahasia Revo Jago MemasakFoto: Instagram
Terkait masakan Indonesia yang menurutnya sulit diolah, Revo menyebut rendang. "Orang tahu masakan Indonesia itu rendang tapi buat masak itu nggak gampang," kata Revo.

Baca juga : Jamur Jadi Paduan Enak untuk Pasta, Ikuti Resep Chef Revo Ini

Awal ia mencoba membuat rendang, Revo mengaku semuanya berantakan. Dibutuhkan teknik dan kesabaran untuk membuat santan dan bumbu dimasak hingga menjadi hitam. Meskipun sekarang sudah bisa mengolah rendang tapi Revo optimis suatu saat nanti bisa masak rendang yang lebih enak daripada yang sekarang ia buat.

Harapan Revo, semua anak-anak yang suka masak bisa mendapat kesempatan yang sama dengan dirinya. Diarahkan untuk mengasah bakat hingga bisa menjadi hobi yang dilakukan secara profesional dan juga bisa jadi profesi yang menghasilkan. (dvs/odi)