Dituduh Sebarkan Bakteri E-Coli di Makanan Tamu, Chef Ini Dipecat

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Okt 2018 18:10 WIB
Foto: Istimewa/dailymail Foto: Istimewa/dailymail
Jakarta - Penyebaran bakteri E-Coli sangat cepat dan berbahaya, terutama lewat makanan. Chef ini dipecat, setelah dituduh menyebarkan virus ini lewat makanan yang disajikan.

Seorang chef yang berkerja di sebuah hotel di Mesir, langsung diberhentikan. Karena chef dan pegawai di sana menaruh hidangan daging yang telah matang di baki beka daging mentah. para pegawai serta chef , di tuduh tidak pernah mencuci tangan mereka.
Dituduh Sebarkan Bakteri E-Coli di Makanan Tamu, Chef Ini DipecatFoto: Istimewa/dailymail
Baca Juga: Bagaimana Bakteri E.Coli Masuk ke Dalam Makanan?

Dilansir Daily Mail UK (05/10), Nikk Malee, seorang wisatawan dari Scarborough, melayangkan komplain tentang para chef di Tropitel Sahl Hasheesh di Hurghada, Mesir. Komplain ini juga disertakan h video, yang berisi para chef tengah membakar daging di luar hotel, lalu mereka menyentuh daging matang dan daging mentah, tanpa cuci tangan. Sebelum disajikan kepada tamu. Video ini direkam ketika Nikk menginap di sana, pada bulan Agustus lalu.

Menanggapi hal ini, agen perjalanan Thomas Cook langsung melakukan investigasi dan memberhentikan para chef. Apalagi dengan keterangan dari Nikk yang memperjelas semuanya.
Dituduh Sebarkan Bakteri E-Coli di Makanan Tamu, Chef Ini DipecatFoto: Istimewa/dailymail
"Mereka memasak sepanjang waktu, dan mereka tidak membersihkan atau mencuci tangan. Mereka hanya mengelapnya dengan selembar kertas," tutur Nikk.

Melihat rendahnya tingkat kebersihan dari makanan yang di sajikan di sana, Nikk akhirnya hanya menyantap roti. Setelah komplain ke agen perjalanan Thomas Cook, Nikk akhirnya pindah hotel.

"Kami ingin semua konsumen kami menikmati liburan mereka bersama kami, dan kami sangat menyesal mendengar bahwa Ibu dan Bapak Malee, tidak menikmati waktu liburan mereka. Setelah menerima komplain ini kami memberikan tamu kami hotel yang baru, dan menjadwalkan kepulangan mereka lebih cepat tanpa biaya tambahan," ungkap perwakilan dari Thomas Cook.

Agen perjalanan Thomas Cook juga memastikan bahwa mereka telah melakukan investigasi, dan memecat chef yang ada di sana. Sehingga kejadian seperti ini tidak pernah terulang kembali.
Dituduh Sebarkan Bakteri E-Coli di Makanan Tamu, Chef Ini DipecatFoto: Istimewa/dailymail

Sebelumnya pasangan suami istri dari Inggris, John dan Susan Cooper meninggal secara tiba-tiba pada tanggal 21 Agustus. Setelah mereka merasakan sakit, ketika menginap di Steigenberger Aqua Magic Hotel, yang juga terletak di Hurghada.

Menurut pihak berwenang di Mesir, mereka menemukan bahwa John Cooper meninggal karena disentri usus akut akibat bakteri E-Coli. Sementara penyebab kematian Susan Cooper, disebabkan ileh infeksi sindrom uremia hemolitik, yang ditimbulkan dari infeksi bakteri E-coli.

Baca Juga: Produk Ayam Mentah Bisa Terkontaminasi Bakteri E-Coli





Tonton juga 'Cantiknya Masakan Para Chef Profesional di 'Chef Expo 2018'':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)