Bisa Jajan 'Chicken Rice' Enak di Sini Sebelum Belanja ke Platinum

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 07 Okt 2018 09:27 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Bangkok - Berada di Bangkok harus cicip chicken rice khasnya. Salah satunya chicken rice di kawasan Pratunam yang tak jauh dari pusat belanja, Platinum Fashion Mall.

Mengunjungi Bangkok tak lengkap tanpa wisata belanja plus kulineran. Nah, kalau mau menyiapkan tenaga sebelum menyusuri mall-mall besar di sana, bisa mampir ke gerai chicken rice yang terkenal enak di kawasan Pratunam, tepatnya di 930 New Petchaburi Rd.

Bernama Kuang Heng Chicken Rice, gerai chicken rice ini juga sering disebut Green Chicken Rice. Sebab warna hijau mendominasi warna logo, tempat bersantap hingga seragam pegawai di sini.

Bisa Jajan Chicken Rice Enak di Sini Sebelum Belanja ke PlatinumWarna hijau segar jadi ciri khas restoran ini makanya dikenal dengan nama Green Chciken Rice. Foto: detikfood
Kuang Heng Chicken Rice sudah ada sejak 1932 di dekat Pasar Pratunam. Awalnya sang pendiri, Zhuang Cai Liang menjual dessert lot chong dengan santan, kopi, hingga roti kukus dengan selai kaya di sini. Beberapa tahun kemudian ia mengembangkan pilihan menu baru, khao man gai alias nasi ayam Hainan (Hainanese Chicken Rice).

Di depan gerai, pengunjung bisa melihat gantungan ayam-ayam rebus yang siap dipotong sebelum disajikan. Seporsi chicken rice di sini dijual 50 baht atau sekitar Rp 23.000. Terdiri dari nasi, irisan ayam rebus, kaldu dan saus.

Bisa Jajan Chicken Rice Enak di Sini Sebelum Belanja ke PlatinumKesibukan pegawai menyiapkan pesanan pelanggan. Foto: detikfood
Dibanding chicken rice gaya Singapura, nasi Hainan di sini tak terlalu harum. Begitu juga dengan rasa jahe, minyak wijen hingga kaldunya yang lebih ringan. Meski begitu, rasanya tetap enak dan nikmat. Apalagi potongan ayamnya lembut juicy.

Makin enak saat disantap bersama potongan timun renyah dan kuah kaldu ayam yang juga ringan. Yang bikin istimewa adalah saus chicken rice buatan Kuang Heng yang dibuat sendiri.

Bisa Jajan Chicken Rice Enak di Sini Sebelum Belanja ke PlatinumSajian lengkap Chicken Rice yang sedap. Foto: detikfood
Tak seperti versi Singapura yang berupa gerusan jahe dan bawang putih. Di sini sausnya berwarna cokelat gelap dengan tekstur agak kental. Isiannya cincangan jahe, bawang putih dan irisan cabai rawit yang memberi sentuhan pedas enak.

Bisa Jajan Chicken Rice Enak di Sini Sebelum Belanja ke PlatinumTak memakai saus jahe bawang putih tapi saus cokelat khas restoran ini. Foto: detikfood

Usai makan yang gurih, ada roti kukus dengan selai pandan kaya yang patut dicicip. Sajian seharga 40 baht (Rp 18.500) ini terdiri dari potongan roti tawar kukus dengan cocolan selai pandan kaya berwarna hijau yang manis creamy.

Bisa Jajan Chicken Rice Enak di Sini Sebelum Belanja ke PlatinumRoti dan selai srikaya bisa jadi pencuci mulut. Foto: detikfood

Untuk minumannya, Kuang Heng Chicken Rice menjual es kelapa murni, teh sereh, teh longan dan banyak minuman segar lainnya. Nah, karena buka sejak pagi, tentu sayang melewatkan sarapan atau makan siang di sini saat mengunjungi Bangkok!

(adr/odi)