Rekomendasi Makan Siang

Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 04 Okt 2018 11:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain konro, Makassar juga terkenal dengan hidangan coto yang sedap. Semangkuk coto Makassar paling enak dimakan hangat-hangat bersama buras. Slurrp!

Isian coto Makassar ada daging sapi beserta jeroannya, dimasak dengan bumbu yang banyak sehingga membuat kuah kaldunya gurih dan agak kental. Hidangan khas Makassar ini bisa dijadikan menu makan siang enak, berikut rekomendasinya.

1. RM mAmink Daeng Tata
Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa
Tempat makan khas Makassar yang ini sudah tidak diragukan lagi. Berlokasi di kawasan Tebet Jakarta Selatan, rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung. Hidangan khas Makassar yang cukup banyak bisa dipilih sesuai selera.

Salah satu menu andalannya ada coto Makassar yang di sini dikenal dengan sebutan coto Daeng Tata. Isiannya lengkap dan porsi dagingnya juga banyak. Kuah kaldu berwarna gelap pada coto ini punya rasa gurih. Bisa dimakan dengan nasi maupun dengan buras.

RM mAmink Daeng Tata
Jl. KH. Abdullah Syafei No. 33
Tebet, Jakarta Selatan
Telepon (021) 8315555

Baca juga : Semangkuk Coto Makassar Hangat Paling Mantap Dinikmati Malam Ini

2. Coto Makassar Ampera
Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa
Nama asli restoran ini adalah Coto Makassar Daeng Memang tapi karena lokasinya di Jalan Ampera jadi lebih populer dengan sebutan coto makassar Ampera. Di sini juga menunya tak kalah lengkap, ada coto Makassar, sop daging, sop konro, mie titi hingga nasi goreng Makassar.

Makan coto Makassar pastinya lebih sempurna dengan buras. Setelah makan, jangan lewatkan es pisang ijo atau es pallubutung yang manis segar. Paling pas dinikmati saat siang hari.

Coto Makassar Ampera
Jl. Ampera Raya No. 17 Y
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 7804438

3. Sop Konro Karebosi
Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa
Meskipun namanya menggunakan sop konro tapi hidangannya bukan hanya ada sop konro saja. Coto Makassar di tempat ini juga tak kalah menggoda.

Semangkuk cotto Makassar di sini dibuat dengan daging sapi yang empuk dan porsinya banyak. Selain daging sapi, ada juga jeroannya yang sama sekali tak amis. Tak hanya coto, ada juga menu sop kokil, sop lidah dan konro bakar yang mantap.

Sop Konro Karebosi
Jl. Boulevard Raya TA2 No. 38
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telepon : (021) 4520990

4. RM. Marannu
Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa
Tempat makan di bilangan Cawang Jakarta Timur ini terbilang komplet. Karena ada menu daging hingga seafood Makassar yang siap memanjakan selera. Apalagi tempatnya terbilang cukup luas dan nyaaman.

Menu andalan di resto ini ada konro bakar, sop konro, coto Makassar, ikan bakar Makassar hingga es pallu butung yang segar. Meskipun harganya agak tinggi tapi kualitas rasa makanan bisa diadu.

RM. Marannu
Jl. Dewi Sartika No. 299A, Cawang
Jakarta Timur
Telepon : (021) 8091110

Baca juga : Sedap Berempah Coto Makassar Pilihan Netizen untuk Makan Siang

5. Warung Coto Makassar Senen
Gurih Mantap Coto Makassar dan Buras Ada di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa
Kawasan Senen terkenal dengan warung nasi kapau yang berjejer banyak tapi ternyata di sini juga ada warung coto Makassar juga. Meskipun tempatnya taak terlalu luas tapi coto Makassar di sini terkenal kelezatannya.

Warung ini juga menyediakan nasi dan buras yang bisa dipilih sebagai teman makan semangkuk coto Makassar. Kalau mau makan di sini harus sabar karena saat jam makan, warung akan dipenuhi pembeli.

Warung Coto Makassar Senen
Jl. Kramat Raya, Senen
Jakarta Pusat




Tonton juga 'Nikmatnya Sajian Ikan Segar Berpadu Bumbu Khusus Makassar':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com