Ayo Minum Kopi Indonesia

Kangen Ngopi dengan Suasana Jadul, Mampir Saja ke 5 Kedai Kopi Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Okt 2018 19:00 WIB
Foto: detikcom
Jakarta - Sejak dulu, kopi jadi minuman semua kalangan. Tak heran banyak warung kopi legendaris yang terkenal dan masih jadi tempat nongkrong yang menyajikan kopi nikmat.

Bukan hanya di daerah-daerah yang punya tradisi ngopi, di Jakarta juga ada kedai kopi jadul yang jadi tempat singgah para pencinta kopi. Eksistensi kedai kopi jadul ini bahkan tak terkalahkan dengan banyaknya coffee shop modern berkonsep instagramable.

Berikut 5 kedai kopi legendaris yang sajikan kopi klasik yang nikmatnya tak lekang oleh waktu.

1. Kopi Tak Kie
5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini Sajikan Kopi Klasik yang NgangeniFoto: detikcom
Kedai kopi Tak Kie jadi salah satu yang legendaris karena sudah menyajikan kopi sejak tahun 1927. Di kedai yang ada di bilangan Glodok ini hanya ada dua pilihan kopi yakni kopi hitam dan kopi susu. Keduanya bisa dinikmati hangat atau dingin.

Kopi yang dipakai di kedai ini adalah kopi robusta dari Lampung. Kopi direbus dalam air mendidih sekaligus dalam panci besar. Jadi saat ada yang memesan tinggal dituang saja ke gelas. Kalau mampir ke kedai kopi ini harus sabar karena biasanya kedai selalu ramai pembeli.

Datanglah lebih awal kalau tak mau kehabisan kopi nikmat di kedai Tak Kie. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 6.30-14.00 WIB.

Baca juga : 7 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia Ini Patut Disambangi

2. Kong Djie Coffee
5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini Sajikan Kopi Klasik yang NgangeniFoto: detikcom
Kopi asal Bangka Belitung ini sudah ada sejak 1934. Kini kopi Kong Djie hadir di Jakarta dengan konsep yang lebih modern. Lokasinya ada di Ruko Citra Garden 6, Cengkareng, Jakarta Barat.

Ada dua varian kopi yang jadi andalan di sini yakni kopi O dan kopi susu. Menikmati segelas kopi di Kong Djie serasa membawa sensasi ngopi di Belitung.

3. Phoenam
5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini Sajikan Kopi Klasik yang NgangeniFoto: detikcom
Kedai kopi ini berlokasi di kawasan Menteng, tepatnya di Jalan K. H. Wahid Hasyim No. 88, Menteng, Jakarta Pusat. Buat pencinta kopi susu, Phoenam punya rasa kopi susu yang nikmat.

Kopi yang digunakan adalah kopi toraja yang gagrak aroma dan rasanya cukup kuat. Kedai kopi yang buka sejak pagi hingga tengah malam ini juga bisa jadi persinggahan atau tempat istirahat melepas penat sambil menikmati kopi.

Kedai ini menyajikan kopi citarasa tanah Sulawesi tepatnya Makassar. Kedai ini di tempat aslinya sudah ada sejak 1946 dan kerap dijadikan 'markas' berkumpulnya orang-orang komunitas Makassar.

4. Kwang Koan atau Kopi Johny
5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini Sajikan Kopi Klasik yang NgangeniFoto: detikcom
Kalau mau menikmati sensasi nikmat rasa kopi khas Manado, di sinilah tempatnya. Kedai kopi Kwang Koan ini ada di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara dan semakin populer belakangan ini karena pengacara kondang Hotman Paris sering menyambangi.

Di kedai ini ada dua jenis kopi yakni kopi hitam dan kopi susu. Kopinya dibuat dengan cara direbus dalam panci besar lalu dituang ke gelas dengan menggunakan kain saringan.

Sambil minum kopi, di sini bisa juga menikmati bakpao lembut yang enak. Ada bakpao cokelat, bakpao kacang merah dan bakpao ayam.

Baca juga : Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di Pontianak

5. Kopi Warung Tinggi dan Bakoel Koffie
5 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini Sajikan Kopi Klasik yang NgangeniFoto: istimewa

Kedai kopi ini adalah yang paling tua di Indonesia. Berdiri sejak 1878, Kopi Warung Tinggi kini berevolusi jadi dua brand termasuk Bakoel Koffie.

Dulunya kedai ini dikenal dengan nama Kopi Warung Tinggi yang saat itu dibuka oleh imigran Cina Selatan bernama Liauw Tek Soen dan istrinya. Tek Soen memanggang sendiri kopi yang ia beli dari seorang wanita yang menjualnya menggunakan bakul.

Kopi di kedai ini bukan hanya disukai orang Indonesia saja tapi juga orang Belanda, Arab dan Jepang. Kini ada dua merek toko kopi yang dijalani generasi penerus Tek Soen yakni Kopi Warung Tinggi dan Bakoel Koffie. (dvs/odi)