Ayo Minum Kopi Indonesia

Horas! 6 Kedai Kopi yang Populer di Medan

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 02 Okt 2018 18:05 WIB
Foto: dok. detikcom
Jakarta - Medan punya banyak kedai kopi enak yang legendaris. Beberapa bahkan sudah didirikan sejak 95 tahun yang lalu. Berikut 6 kedai kopi yang populer di Medan.

Budaya minum kopi sudah ada di kalangan warga Medan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Hal tersebut sudah ada sebelum es kopi susu kekinian menjamur di Jakarta.

Karenanya, tak sulit menemukan kedai kopi atau kopi tiam enak di Medan. Cukup datangi 6 kedai kopi ini saja. Maka Anda akan disuguhkan racikan kopi enak.

1. Kedai Kopi Apek

Horas! 6 Kedai Kopi Ini Sangat Populer di MedanFoto: Good Indonesian Food
Kelezatan kopi susu di kedai kopi legendaris ini sudah melegenda. Pasalnya Kedai Kopi Apek sudah didirikan sejak tahun 1923. Lokasinya di Jalan Hindu No 37, Medan. Kopi susu dan kopi hitamnya terbuat dari racikan kopi lokal. Nama Atek didapat dari nama anak pasangan Thia A Kee dan Khi Liang Kiao.

Menempati bangunan tua dengan luas tanah 40-50 m2, kedai kopi ini dijalankan oleh generasi ketiga. Kalau ke sini, wajib coba kopi Sidikalang hitam yang dipadu dengan susu dan es. Sebagai pelengkap, kopi tersebut bisa disandingkan dengan roti bakar oles srikaya dan telur ayam kampung setengah matang. Dimakannya dengan merica, garam, dan kecap asin.


Baca juga: Kopi Susu Legendaris Medan Ada di Kedai Kopi Apek

2. Kopi Kok Tong Siantar

Horas! 6 Kedai Kopi Ini Sangat Populer di MedanFoto: Duta Medan
Di wilayah Pematangsiantar, ada kedai kopi yang sudah didirikan sejak tahun 1925. Kedai itu jadi kedai kopi tertua di sana. Nama 'Kok Tong' didapatkan dari pewaris generasi ketiga. Kata 'kok' artinya negara dan 'tong' adalah timur.

Sama seperti Kedai Kopi Apek, Kopi Kok Tong tengah dijalankan oleh generasi ketiga sang pendiri. Andalannya ialah kopi hitam dan kopi susu yang bisa disajikan hangat maupun dingin. Biji kopi yang dipakai kabarnya berasal dari biji kopi robusta yang ditanam di dataran tinggi Simalungun. Biji kopi ini diolah secara klasik, manual dan tanpa alat mesin. Kedai kopi milik Lim Tee Kek ini berlokasi di Jalan Cipto No 115, Pematang Siantar.


Baca juga: Seruput Kopi di Kedai Tertua di Pematangsiantar, Sedap!

3. Kopi Tiam Ong

Horas! 6 Kedai Kopi Ini Sangat Populer di MedanFoto: detik.com
Kopi Tiam Ong didirikan di Jl. Dr Mansyur, Medanoleh Ong Sun Ching (1968). Sebutan kopi tiam sendiri berasal dari bahasa Hokkien yang artinya kedai kopi. Dahulu, kopi tiam dibaca Ka Fe Tian oleh masyarakat peranakan.

Kedai kopi ini menyajikan kopi-kopi racikan tradisional dan menggunakan alat-alat tradisional dalam proses penyeduhannya. Tersedia Kopi Toebroek, Kopi Ong Klasik, Kopi Ong Klasik Krim Soesoe, atau Iis Kopi Ong Madoe Klasik. Selain itu ada Kopi Taloea (kopi tradisional Bukittinggi dengan telur), Kopi Bajigoer, Kopi Berempah (kopi tradisional dengan rempah), Iis Kopi Kotjok alias ice coffee blended, Iis Kopi Doerian Kotjok, dan lainnya.

Roti teloer salju dan salad popiah jadi menu pendamping yang bercita rasa lezat.

Baca juga: Slurpp... Nyeruput Koffie Mantap Racikan Ong


4. Kedai Kopi Kurnia


Horas! 6 Kedai Kopi Ini Sangat Populer di MedanFoto: Hungry Advocates
Di kawasan Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo, ada satu kedai kopi yang legendaris. Tak heran pencinta kopi berbondong-bondong datang ke Kedai Kopi Kurnia. Di sana, kopi tubruk khas Medan yang harum jadi favorit pengunjung.

Selain itu, roti panggang srikaya yang dibuat sendiri dan telur ayam kampung setengah matang jadi menu pendamping yang pas saat ngopi di sana.

Tak perlu khawatir lapar saat ke sini karena Kedai Kopi Kurnia juga menawarkan aneka menu berat. Diantaranya mie hokkien dan kwetiau goreng

Baca juga:Yuk, Ngopi dan Sarapan di Kedai Kopi Kurnia!


5. Kopi Baba


Horas! 6 Kedai Kopi Ini Sangat Populer di MedanFoto: Kopi Baba
Sudah berdiri sejak tahun 1983, Kopi Baba memiliki banyak galeri foto tahun 90-an. Andalannya ialah Kopi Cokelat Tarik. Kabarnya aroma kopi cokelat itu sangat semerbak. Selain kopi, kedai ini juga menyediakan teh tarik, jus kerturi hingga lime squash. Mie ayam lada hitam, nasi ayam lada hitam hingga mie goreng jadi menu berat andalan. Kopi Baba terletak di Jl. Kesawan No 36, Medan Barat.

6. Repvblik Kopi

Inginkan suasana ngopi di tempat bergaya zaman kolonial Belanda di Medan? Sambangi saja kedai kopi ini. Interiornya didominasi warna hijau dan putih. Kopi Simpanan Mertua jadi menu paling laris. Namanya diambil dari biji kopi yang dipakai. Biji kopinya sengaja disimpan selama 3 tahun dan tiap bulannya dijemur agar tak berjamur. Kedai ini menggunakan kopi arabika dari Aceh, Sidikalang, dan Lintong. Selain itu, Anda juga bisa mencicip Kopi Jantan, kopi berbiji tunggal. (dwa/odi)