"Aruna & Lidahnya" Populerkan Bakmi Kepiting dan Pengkang dari Pontianak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Sep 2018 14:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Pontianak - Aruna dan teman-temannya juga singgah di Pontianak dan Singkawang untuk kulineran. 5 sajian ini berhasil bikin penonton ngiler!

Melanjutkan investigasi wabah flu burung di Surabaya, Aruna (Dian Sastrowardoyo) dan teman-temannya melanjutkan perjalanan ke Pontianak dan Singkawang. Bersama Bono (Nicholas Saputra), Nad (Hannah Al Rashid) dan Farish (Oka Antara), mereka mencicip 5 sajian ini.

1. Bakmi Kepiting
Ilustrasi: detikFood
Salah satu adegan yang sukses bikin penonton "Aruna & Lidahnya" ngiler adalah saat Aruna dan ketiga temannya menyantap bakmi kepiting. Kuliner khas Pontianak ini bahkan disebut surga oleh Nad. Semangkuk mie telur disajikan bersama capit kepiting, fish cake, udang, kekian, pangsit goreng, telur kepiting hingga taburan daun bawang.

Mienya istimewa karena tipis-tipis seperti lidi. Biasanya mie sudah terasa gurih alami karena dibuat dari banyak telur. Penjaja bakmi kepiting terkenal di Pontianak adalah Bakmi Kepiting Achai di Jalan Hijas, tepatnya di belakang restoran Gajah Mada.

Baca Juga: Bakmi Ayau : Selain Bakmi Kepiting di Sini Juga Ada Bakmi Daging yang Gurih Sedap

2. Pengkang

Foto: Istimewa

Foto: Wisata Pontianak
Camilan gurih tak luput dicicip Aruna dan Bono. Kali ini mereka mencicip pengkang yang tampilannya mirip lemper berbentuk kerucut. Pengkang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan lalu diisi ebi. Pengkang kemudian dibalut daun pisang dan dibakar di bara dengan pencapit bambu.

Rasa gurih beras ketan dengan paduan ebi membuat pengkang jadi favorit. Pengkang biasanya dinikmati dengan sambal kepah berbahan kerang yang mudah ditemui di Pontianak. Kalau mau mencicip pengkang enak ada di Pondok Pengkang, Jalan Raua Peniti, Kecamatan Siantan.

3. Choi pan

Foto: Istimewa

Foto: Cookpad
Masih ingat momen makan Aruna dan Farish di malam hari? Mereka ngemil choi pan yang tampak menggiurkan. Kue sayuran khas Pontianak ini sekilas mirip pangsit. Isiannya ada serutan halus bengkuang atau pepaya muda.

Sayuran ini dibumbui bawang putih dan ebi sehingga rasanya gurih enak. Sementara adonan kulit choi pan dibuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji. Salah satu penjaja choi pan ternama ada di daerah Siantan.

Baca Juga: Choi Pan, Kue Sayuran Khas Pontianak

4. Nasi goreng Pontianak

Foto: Istimewa

Foto: Instagram semuakumakan
Salah satu misi utama Aruna mendatangi Pontianak adalah mencicip nasi goreng, yang diharapkannya terasa mirip buatan pembantu rumah tangganya saat ia kecil. Nasi goreng rupanya memang jadi menu populer di Pontianak. Ada banyak rumah makan yang menjajakan nasi goreng enak.

Nasi Goreng Abu termasuk diantaranya. Nasi goreng di sini berwarna gelap dengan paduan suwiran ayam. Bisa juga menambah telur atau hati ayam. Ada juga Nasi Goreng Fatimah di Jalan Husein Hamzah.

(adr/odi)