Ayo Minum Kopi Indonesia

Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Sep 2018 10:52 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Bagi penggemar kopi, menikmati segelas kopi original memang terasa nikmat. Tapi sensasi kenikmatan kopi akan semakin kaya jika ditambahkan berbagai bahan lokal.

Aroma dan rasa kopi yang diracik dengan berbagai bahan tambahan memang punya sensasi rasa tersendiri. Kalau suka kopi manis legit, bisa coba menambahkan gula aren, tapi kalau suka kopi yang aromatik, bubuhkan sedikit rempah Indonesia.

Berkreasi dengan kopi memang terasa seru. Berikut beberapa bahan lokal yang bisa membuat kopi terasa lebih nikmat.

1. Garam
Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat Foto: Istock
Terdengar unik memang, tapi nyatanya garam terbukti bisa membuat kopimu lebih nikmat. Garam yang dominan asin berperan untuk mengurangi efek rasa pahit pada kopi.

Tidak ada takaran resmi yang disarankan untuk menambahkan garam pada kopi. Tapi usahakan untuk menambah garam sedikit demi sedikit sampai rasa kopi terasa pas. Garam ini juga membuat kopi dingin lebih nikmat.

Baca juga : Selain Gula, Ini 10 Bahan yang Bisa Bikin Kopi Manis Enak

2. Santan
Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat Foto: Istock
Selain susu, santan juga bisa ditambahkan pada kopi untuk membuat segelas cappuccino atau cafe latte. Santan kelapa yang ditambahkan pada kopi haruslah memiliki konsistensi kekentalan mirip susu. Tak terlalu kental dan juga tak terlalu cair. Bisa manfaatkan santak instan yang sudah dicairkan lagi dengan air.

Kopi dengan campuran santan ini punya rasa yang creamy dengan semburat gurih. Biasanya para barista menambahkan sedikit ekstrak vanila agar aroma dan rasanya lebih nikmat.

Kopi dengan santan ini kerap dijadikan alternatif bagi penikmat kopi yang alergi terhadap produk susu atau bisa juga jadi pillihan para vegetarian.

3. Gula aren
Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat Foto: Istock
Bagi yang tak kuat minum kopi strong, biasanya menambahkan gula pada kopinya. Tapi supaya rasa manisnya lebih legit, bisa pilih gula lokal seperti gula aren.

Rasa kopi akan jauh lebih nikmat karena selain manis, gula aren juga memiliki aroma khas yang bikin kopi terasa mantap. Meskipun manis dan enak, jangan menambahkan gula aren terlalu banyak karena justru rasa kopinya akan hilang.

Sekarang banyak kedai kopi yang mencampur gula aren sebagai racikannya. Kopi dengan campuran susu dan gula aren terbukti digandrungi anak muda.

4. Rempah kering
Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat Foto: Istock
Berbagai rempah yang biasa dijadikan campuran masakan atau jamu juga terbukti bisa jadi campuran kopi nikmat lho. Sebut saja rempah kering seperti kayu manis, kapulaga atau cengkeh.

Selain harum dan memiliki rasa khas, rempah juga turut menyumbang khasiat untuk tubuh. Sebut saja misalnya kapulaga yang berfungsi menetralisir efek kafein pada kopi. Atau kayu manis yang bisa membuat kopi terasa lebih manis meskipun tanpa tambahan gula.

Harum semerbak kopi dengan rempah ini juga mengundang mood baik. Tambahkan rempah ini secukupnya saat menyeduh kopi. Kopi dengan rempah paling enak dinikmati hangat-hangat.

Baca juga : Agar Mood Makin Baik, Tambahkan 6 Bahan Ini Dalam Kopi Pagi Anda

5. Jahe
Mulai Gula Aren hingga Jahe, 5 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Makin Nikmat Foto: Istock
Kopi dengan campuran jahe sudah bukan hal asing lagi. Di Indonesia, kopi jahe dinikmati secara tradisional. Selain harum, jahe juga memberi efek hangat pada tubuh.

Untuk membuat kopi jahe, bisa menggunakan jahe yang segar yang diiris tipis atau jahe bakar. Rasanya akan lebih nikmat dan segar ketika kopi dicampur jahe bakar.

Saking banyaknya penggemar kopi jahe, saat ini banyak produsen yang membuat kopi jahe instan. Racikannya tentu saja campuran kopi, jahe dan sedikit gula.



Tonton juga 'Melihat Proses Pengolahan Kopi di Pabrik Berusia Seabad':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)