Rutin Minum Jus Buah Kemasan Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Wanita Ini

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 25 Sep 2018 14:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rutin konsumsi jus buah kemasan untuk pereda nyeri, wanita ini justru meregang nyawa. Kabarnya jus tersebut produksi Negeri Jiran.

Adalah Titinlismawati, warga negara Singapura yang rutin meminum jus kemasan produksi Malaysia. Dilansir World of Buzz (24/9), ia meminum jus berwarna ungu itu setiap hari selama 6 bulan.

Berdasarkan keterangan sang ayah, anaknya meminum jus tersebut dikarenakan ampuh meredakan nyeri di bagian kakinya.

"Saya juga meminumnya sekali atau dua kali dan rasa nyerinya memang hilang setelahnya. Saya tak percaya kalau minuman itu seajaib itu dan khawatir kalau itu mengandung bahan-bahan yang keras," ungkap ayah Titinlismawati.

Rutin Minum Jus Buah Kemasan Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Wanita IniFoto: iStock
Ia akhirnya tak lagi meminumnya. Tapi tidak bagi Titinlismawati. Ia justru rutin mengonsumsi jus tersebut. Hingga akhirnya pada kamis malam (20/9), ia merasa nyeri di bagian punggung. Sehingga ia dilarikan ke rumah sakit esok harinya.

Baca juga: Jus Buah Kemasan Menyehatkan?

"Dokter mengatakan kalau itu hanya flu perut. Di sana ia diberi beberapa obat dan jam 11 siang diizinkan pulang," jelas pria berusia 61 tahun itu.

Sayangnya, begitu pulang ke rumah, kondisi Titinlismawati semakin memburuk. "Ia mulai kesulitan bernapas dan terengah-engah," ungkap sang ayah.

Rutin Minum Jus Buah Kemasan Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Wanita IniFoto: Istimewa
Ayahnya langsung melakukan CPR sebagai pertolongan pertama. Sedangkan sang kakak menelpon ambulan. Namun detak jantung Titinlismawati justru makin melemah dan setelah satu setengah jam berada di unit gawat darurat, dokter mengatakan kalau ia sudah tak tertolong lagi.

"Dokter bertanya apakah kami tetap ingin menyelamatkannya dan mengatakan walau kami bisa mengembalikan detak jantungnya, tapi otaknya tetap tak berfungsi. Kami bersikeras untuk menyelamatkannya tapi tak berhasil. Ia meninggal pada pukul 9 pagi," tutur ayahnya.

Melihat kejadian itu, pihak keluarga merasa ada yang janggal dengan jus yang rutin dikonsumsi Titinlismawati. Karenanya keluarga berharap pihak berwajib menginvestigasi jus tersebut. Jus itu sendiri mereka beli di sebuah toko wilayah Geylang namun diproduksi oleh Malaysia.

Rutin Minum Jus Buah Kemasan Diduga Jadi Penyebab Tewasnya Wanita IniFoto: Istimewa
Setelah ditelusuri, bisa jadi jus yang dimaksud ialah jus yang dilarang edar oleh pemerintah Brunei Darussalam pada 9 Juni lalu. Pemerintah Brunei menemukan kandungan Dexamethasone di dalam jus itu. Dexamethasone sendiri merupakan kortikosteroid yang bisa sebabkan kadar glukosa darah meningkat. Hingga menyebabkan, diabetes, tekanan darah tinggi, katarak, dan kelainan otot dan tulang.

Berikut merek jus asal Malaysia yang mengandung Dexamethasone versi pemerintah Brunei, Jus Sunnah Emas 1001 Khasiat Jus Laternatif, Jus Al Sunnah 1001 Khasiat Jus Alternatif serta Jus Penawar 1001 Khasiat Jus Alternatif Resdung.

Hingga kini, belum diketahui pasti merek jus mana yang rutin dikonsumsi Titinlismawati.

Baca juga: Minum Jus Buah Untuk Sarapan Tak Boleh Terlalu Sering, Ini Alasannya (dwa/odi)