Wah! Ukuran Kentang Goreng di Eropa Akan Mengecil

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Sep 2018 18:20 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Produksi kentang di Eropa sangat mengecewakan. Hal ini mempengaruhi bentuk dan ukuran kentang goreng di Eropa yang jadi 2,5 cm lebih pendek.

Negara Belgia, Prancis dan Amerika Serikat, kabarnya tengah mengalami kekurangan kentang. Kentang-kentang yang tumbuh di wilayah tersebut sangat mengecewakan.

Bagaimana tidak? Kentang tersebut tumbuh dengan ukuran jauh lebih kecil dari biasanya. Hal tersebut terjadi lantaran musim panas yang berkepanjangan, sehingga lahan mengalami kekeringan.
Wah! Ukuran Kentang Goreng di Eropa Akan MengecilFoto: Istock
Baca juga : Sedang Tren, Kentang Goreng Ekstra Panjang dengan Mayo dari Jepang

Oleh karena itu Asosiasi Petani Kentang memperkirakan akan mengubah tampilan kentang goreng. Semula berukuran sepanjang 5 cm, menjadi 2,5 cm lebih pendek, lapor Fox News (24/09).

"Karena kentang lebih kecil pada saat ini, kentang goreng yang akan kita makan juga akan lebih kecil ukurannya" imbuh Pierre Lebrun sebagai kelapa Asosiasi Petani Kentang Wallon.

Menurut Romain Cools, sekretaris jenderal Bergapom, akibat terjadinya musim panas hingga kekeringan tersebut, membuat petani kentang mengalami kerugian sekitar 30%. Dengan begitu tentu saja membuat tampilan ketang goreng berubah dari biasanya.
Wah! Ukuran Kentang Goreng di Eropa Akan MengecilFoto: Istock
Padahal sebelumnya, Belgia negara yang dianggap sebagai tempat asal dari kentang goreng ini memiliki lebih dari 5000 jenis kentang goreng yang biasa dimakan dengan mayonnaise. Namun, kini harus mengalami perubahan yang dikhawatirkan akan membuat pecinta kentang goreng kecewa.

Belgia bukanlah negara satu-satunya yang mengalami perubahan pada kentang gorengnya. Beberapa negara Eropa lainnya seperti Belanda, Prancis, Jerman Barat bahkan Ingris Selatan pun juga mengelami hal serupa. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Lebrun.

Baca juga : Mau Bikin Kentang Goreng Seenak Restoran? Coba Langkah-langkah Ini

(dvs/odi)