Indonesian Tea Class

Black Tea Enak Dipadu Sorbet hingga Diracik Jadi Es Cendol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Sep 2018 18:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Selain white tea, green tea dan matcha, kelas teh kali ini juga mengenalkan kreasi black tea. Ada yang dipadu sorbet peach mint hingga diracik jadi es cendol yang legit. Slurpp!

Black tea atau teh hitam biasanya disuguhkan di kafe menjadi es teh biasa saja. Padahal jenis teh yang teroksidasi penuh ini juga bisa diberi sentuhan baru hingga menghasilkan minuman kekinian.

Kali ini Ratna Somantri memakai Broken Orange Pekoe (BOP) black tea untuk diolah bersama sorbet peach mint. Pertama, black tea diseduh selama 5 menit menggunakan air bersuhu 96 derajat celsius.
Black Tea Enak Dipadu Sorbet hingga Diracik Jadi Es CendolFoto: dok. detikFood
Setelah itu black tea dipadukan peach mint sorbet yang sudah disiapkan sebelumnya. "Bikin peach mint sorbet bahannya mudah. Pakai buah peach kalengan bersama daun mint yang dihaluskan, lalu masukkan ke mesin pembuat sorbet," jelas Ratna.

Untuk penyajiannya tinggal menuangkan black tea ke gelas berisi es batu dan tambahkan peach mint sorbet di atasnya. "Garnish dengan daun mint dan potongan buah peach," sambung Ratna.

Kalau mau yang manis legit, Cendol Iced Tea buatan Ratna bisa jadi pilihan. Minuman ini diracik dari BOP black tea dan gula aren sebagai bahan utamanya.
Black Tea Enak Dipadu Sorbet hingga Diracik Jadi Es CendolFoto: dok. detikFood
"Sebelumnya gula aren dididihkan bersama air hingga kentalnya seperti madu," kata Ratna. Di gelas saji, susun gula aren, es batu, potongan nangka dan cendol. Selanjutnya tambahkan susu evaporasi dan beri es batu lagi.

"Terakhir tuangkan teh di atas es batu," jelas Ratna. Ia menekankan pentingnya menggunakan seduhan teh yang kental agar cita rasa teh-nya masih tetap terasa.

Kelas teh kali ini diakhir dengan pembagian door prize. Secara keseluruhan, kelas teh berlangsung meriah dan aktif dengan tanya jawab peserta bersama Ratna. Mereka antusias menanyakan seluk beluk teh hingga detail resep yang didemokan.
Black Tea Enak Dipadu Sorbet hingga Diracik Jadi Es CendolFoto: dok. detikFood
Bapak Sunyoto dari Tangerang hadir bersama kliennya. Ia yang merupakan konsultan food and beverages mengaku dapat banyak ilmu dari kelas teh kali ini. Termasuk inspirasi menu minuman teh untuk kafe.

Ada juga Wirawan Rizkika yang jauh-jauh datang dari Bandung. "Saya dapat ide mengombinasikan teh dengan cita rasa Indonesia," kata pria yang juga memborong black tea dan white tea Indonesia ini.

Hal sama juga dirasakan Nancy dari Jakarta. "Kelasnya menarik, ternyata banyak orang-orang yang antusias sama teh. Banyak ilmu juga yang bisa diambil termasuk soal aturan menyeduh teh yang ternyata beda-beda," pungkas Nancy. (dvs/odi)