Dari Jual Telur Asin, Pria Ini Dapat Penghasilan Rp 43 Juta Sebulan

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 22 Sep 2018 17:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kisah inspiratif datang dari pria asal Malaysia. Berkat kerja kerasnya, ia behasil mengantongi uang sebesar Rp 43 juta per bulan dari berjualan telur asin.

Hasil berbanding lurus dengan usaha. Sepetinya kalimat itu lah yang pantas menggambarkan kerja keras Che Hasan Che Mud, penjual telur bebek asal Malaysia. Berkat kerja kerasnya, kini ia bisa meraih penghasilan sebesar RM12.000 (Rp 43 juta) perbulan.

Berawal dari memelihara 50 ekor bebek di tahun 2013, kini Hasan berhasil mengembangbiakkan bebeknya dengan angka yang cukup fantastis. Saat ini ia memiliki lebih dari 2000 ekor bebek!
Dari Jual Telur Asin, Pria Ini Dapat Penghasilan Rp 43 Juta SebulanFoto: Istimewa

Baca juga:Ditinggal 3 Minggu di Jendela, Telur Ini Menetaskan Anak Ayam!

"Awalnya saya hanya punya 50 ekor bebek dan saya mengolah telur bebek menjadi telur asin dan menjualnya ke seluruh desa. Setelah punya pengalaman yang cukup, saya memelihara 100 ekor bebek," jelas pria yang tinggal di Pasir Mas, Malaysia itu.

Sebesar 50 ekor bebek pertamanya ia beli lantaran mendapat bantuan dari program Azam Tani milik Lembaga Penelitian dan Pengambangan Pertanian Malaysia (Mardi). Karena kerja kerasnya, ia berhasil mengeluarkan keluarganya dari perekonomian yang sulit. Sehingga ia memutuskan untuk tak lagi bertani dan fokus dengan ternak bebek. Yang ia jual ialah telur bebek, baik mentah maupun yang sudah diolah menjadi telur asin.
Dari Jual Telur Asin, Pria Ini Dapat Penghasilan Rp 43 Juta SebulanFoto: ist.
Memanfaatkan lumbung di dekat rumahnya, Hasan merawat ribuan bebek miliknya. Berdasarkan keterangannya, selama jadi petani, ia hanya bisa mengantongi uang sebesar RM 600 (Rp 2 juta) perbulan lapor Buzz of World (20/9). Dengan demikian, penghasilannya saat ini berpuluh kali lipat.

Banyaknya peminat telur bebek mentah maupun telur asin milik Hasan membuktikan kalau banyak warga Malaysia yang gandrungi sajian berbahan dasar telur asin. Ternyata memang ada banyak restoran yang menyajikan menu tersebut. Mulai dari restoran pastry yang sediakan croissant telur asin hingga camilan rasa telur asin yang terbuat dari kulit ikan.

Baca juga: Wah, 5 Tempat Ini Punya Sajian Telur Asin Enak di Malaysia!



Saksikan juga video 'Keren! Bocah 8 Tahun Jadi Jutawan karena Jualan Telur Ayam':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)