Indonesian Tea Class

Teh Hijau, Matcha hingga Houjicha Jadi Lebih Menarik dengan Racikan Kekinian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Sep 2018 16:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bukan hanya teh hitam yang bisa dikreasikan jadi minuman teh kekinian. Ada teh hijau Indonesia, matcha hingga houjicha yang jadi kekinian diracik dengan bahan lokal ini.

Ratna Somantri turut membagikan resep teh hijau Indonesia, Sparkling Pineapple Rose Tea. Ratna memakai Pekoe Super Green Tea yang diolahnya bersama bunga mawar dan nanas yang sudah dikeringkan. Teh lalu diseduh dengan tambahan simple syrup dan lemon.

Yang unik, Ratna kemudian memproses teh memakai mesin soda hingga menghasilkan buih-buih minuman sparkling. Hasilnya teh begitu menyegarkan dengan tambahan aroma bunga dan buah yang harum alami.
Teh Hijau, Matcha hingga Houjicha Jadi Lebih Menarik dengan Racikan Kekinian Foto: dok. detikFood
"Teh hijau cocok diolah jadi soda karena sifatnya yang lebih menyegarkan. Apalagi ditambah buah seperti nanas," ujar Ratna. Pemakaian mesin soda pun terbilang sangat praktis.

Selanjutnya Ratna mengenalkan kreasi matcha. "Matcha masih impor dari Jepang karena memang yang asli dari sana," kata Ratna. Ia mengolahnya jadi Matcha Es Teler.

Pertama matcha bubuk diseduh dengan air paans dan diaduk hingga tercampur rata. Matcha lalu dicampur dengan santan kental yang sudah dicampur air. "Kalau nggak suka santan bisa diganti susu," tambah Ratna.
Teh Hijau, Matcha hingga Houjicha Jadi Lebih Menarik dengan Racikan Kekinian Foto: dok. detikFood

Sementara itu di gelas saji disusun pelengkap es teler seperti sagu mutiara, potongan nangka, kelapa muda dan es batu serut. Matcha kemudian dituangkan ke gelas saji dan siap dinikmati.

Yang tak kalah menarik dan praktis adalah Houjicha Frape. Minuman ini diracik bersama es krim vanilla dan susu. Untuk mengolahnya, houjicha bubuk perlu diseduh dulu.
Teh Hijau, Matcha hingga Houjicha Jadi Lebih Menarik dengan Racikan Kekinian Foto: dok. detikFood
"Seduhnya harus 4 kali lebih kental dari menyeduh houjicha biasa karena nantinya houjicha akan dicampurkan bersama es krim," kata Ratna. Dalam blender lalu haluskan houjicha tersebut, susu, es krim vanilla dan es batu.

Terakhir beri garnish Houjicha Frape dengan kacang mete, wafer dan potongan strawberry segar. "Sebenarnya garnish-nya bisa apa saja sesuai selera," tutup Ratna. (dvs/odi)