Inspiratif! Toko Ini Tawarkan Roti Gratis untuk Orang yang Membutuhkan

Devi Setya - detikFood Jumat, 21 Sep 2018 10:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah toko roti di China mengundang decak kagum. Mereka membagikan roti secara gratis bagi orang kurang beruntung.

Dikabarkan CGTN (21/9) sebuah toko roti di China bagian Barat Laut sengaja memberikan roti yang tak terjual untuk para pejalan kaki yang membutuhkan. Bakery yang berada di kota Xi'an, provinsi Shaanxi ini menaruh rak khusus di depan toko setiap paginya. Siapapun yang membutuhkan roti boleh mengambil beberapa potong roti secara gratis.

Meskipun roti ini termasuk yang tak terjual alias sisa tapi roti masih layak makan. Masah simpan roti yang tak lama membuat roti hanya bisa bertahan satu hari saja. Daripada membuang roti sisa dan menjadi limbah, toko ini lebih memilih memberikannya untuk orang tak mampu.
Inspiratif! Toko Ini Tawarkan Roti Gratis untuk Orang yang MembutuhkanFoto: Istimewa
Baca juga : Atasi Limbah Makanan, Ini yang Dianjurkan untuk Penduduk Tokyo

Biasanya toko roti ini menjual sisa stok dengan cara memberikan diskon saat sudah sore atau menjadikan roti ini sebagai sample yang bisa dicicip pengunjung. Namun jika masih ada sisa juga, toko akan mengirimkan ke badan amal setempat.

Long Liqiang, pemilik toko roti ini mengatakan setiap hari setidaknya ada 30 hingga 40 potong roti yang tidak terjual. Roti berbagai varian tersebut rasanya beragam mulai roti yogurt, roti keju, roti jagung, pizza Denmark hingga sandwich. Sisa roti ini setidaknya bernilai 200 yuan (Rp 433 ribu).

Keesokan paginya, Long akan menaruh roti-roti ini di rak depan tokonya. Tak butuh waktu lama, roti biasanya habis hanya dalam waktu setengah jam saja.
Inspiratif! Toko Ini Tawarkan Roti Gratis untuk Orang yang MembutuhkanFoto: Istimewa
Long melakukan aksi inspiratif ini karena dahulu keluarganya pernah menjadi orang yang kurang beruntung. Long mengatakan ia pernah mengalami kesulitan dan kemiskinan, sekarang ia tak mau menyia-nyiakan makanan.

Seorang warga sekitar toko Long mengatakan kepada Business View China bahwa toko roti tersebut sudah melakukan kegiatan ini selama lebih dari setahun. Siapapun bisa menikmati roti ini termasuk penjaga keamanan, pekerja kebersihan hingga orang tua.

Baca juga : Makanan Pesta Nikahan Sisa Banyak? Bagikan Lewat 'A Blessing to Share'
Inspiratif! Toko Ini Tawarkan Roti Gratis untuk Orang yang MembutuhkanFoto: Istimewa
Sebelumnya, Long tidak menyiapkan rak di depan tokonya, ia hanya memberikan roti sisa pada beberapa kerabat maupun langsung mengantar ke petugas keamanan yang ia temui. Namun, dia akhirnya sadar jika tidak semua orang merasa nyaman diberi roti.

Jadi akhirnya Long membuat rak di depan tokonya dan menaruh sisa roti di sana. Siapapun bisa mengambil tanpa rasa sungkan. "Dua potong roti mungkin tidak berarti apa-apa bagi mereka yang kaya, tetapi itu bisa menjadi makanan bagi mereka yang membutuhkan," kata Long kepada Business View China. (dvs/odi)